Seminar Guru Era Baru (Guraru) di JCC

06 Mei 2012 10:41:37 Dibaca :

Hari Sabtu (kemarin) saya berkesempatan untuk hadir dalam acara seminar yang diadakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang disponsori oleh ACER. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center yang bertajuk "Optimalisasi pemanfaatan ICT dalam pembelajaran abad 21". Acara yang sedianya dimulai pada pukul 08.30 diundur jadi pukul 09.00 karena beberapa hal. Acara ini diikuti oleh 200-an peserta menurut up-date terakhir dari panitia.Adapun peserta yang berasal dari berbagai kota di daerah Jawa dan yang paling jauh dari Maluku. Luar biasa.

Walaupun masih ada kekurangan dalam pelaksanaan seminar tapi tidak mengurangi esensi dari acara tersebut. Seminar diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para panelis. Sampai-sampai sang moderator harus membatasi pertanyaan dari peserta. Adapun panelis yang mengisi seminar kali ini adalah :

1. Ibu Sandy dari Acer

2. Bapak Agus Sampurno (pemenang GURARU Award 2011)

3. Bapak Agus Putranto dari Binus

Berikut kesimpulan yang dapat saya ambil dari acara tersebut

1. Bahwa negara Indonesia adalah negara yang termasuk banyak menggunakan internet. Tapi pemanfaatan internet masih banyak disalahgunakan oleh rakyat Indonesia. Hasil survei yang ditampilkan olek Pak Mohammad Ihsan menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah para siswa. Survei ini memberikan pencerahan kepada para guru yang hadir bahwa internet adalah hal yang sudah biasa dikalangan para siswa. Ini juga menjadi tantangan sekaligus peluang bagiĀ  para guru dalam menghadapi fenomena ini. Menjadi tantangan bagi guru karena siswa-siswa kita sudah sangat maju dalam menggunakan teknologi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa guru-guru di Indonesia masih sangat minim pengetahuannya dalam penggunaan teknologi. Oleh karena itulah ini menjadi tantangan bagi kita para guru untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang untuk siswa. Kemudian jika para guru sudah mampu menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, maka ini bisa menjadi peluang bagi para guru untukĀ  menjadi lebih kreatif dan bisa memenangkan GURARU Award 2012. Luar biasa jika ini bisa diimplementasikan dengan baik oleh para guru.

2. Bahwa ICT adalah media yang sangat bagus bagi guru untuk menyampaikan segala sesuatu yang baik kepada siswa. karena siswa kita sudah sangat dekat dengan teknologi. ICT berfungsi untuk memudahkan para guru menyampaikan materinya, bukan malah mempersulit. Sekarang bukan jamannya mengajarkan teknologi. Tapi bagaimana teknologi menjadi media belajar siswa.

3. Para guru harus menyadari bahwa teknologi adalah keniscayaan yang harus dihadapi. Bukan malah menghindar. Semakin kita menghindar maka semakin jauh kita tertinggal dengan negara lain.

4. E-Learning adalah model pembelajaran baru yang mesti kita kuasai. Dengan kecanggihan teknologi belajar dengan konsep jarak jauh adalah yang tidak mustahil lagi bagi kita. E-leraning membuktikannya. Amazing!

5. Acer sebagai produsen Laptop berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi para guru bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia. Acer juga meluncurkan program SAGUSALA (satu guru satu laptop). Mudah-mudahan dengan program yang diadakan IGI dan Acer bisa memberikan sumbangsih yang signifikan bagi pendidikan Indonesia.

Akhirnya, semoga seminar yang dilaksanakan IGI dan Acer adalah awal kebangkitan generasi emas Indonesia yang dicanangkan oleh pemerintah. Semoga.

Firdaus Muis

/firdausaja

seorang pendidik yang tertarik dengan politik dan olahraga
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?