Mohon tunggu...
Fidelia Harris
Fidelia Harris Mohon Tunggu... Lainnya - Marketing

Lupakan soal kegilaan… lupakan soal sampah.. lupakan soal mutu.. lupakan soal keyakinan.. lupakan soal teori.. lupakan soal anjing yang menggonggong dan kucing yang mengeong.. "aku cuma mau nulis" so what??

Selanjutnya

Tutup

Nature

Konsep OOP dan JAVA

16 Maret 2012   09:02 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:58 5678
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika pertamakali baca judul artikel di atas, pasti kompasianer langsung bilang “Oh My God…!! Ga mungkin banget fidel bikin tulisan tentang komputer???!!!”

Hikss… ini tugas kuliah aku.. waaaa…. Hikss… waaa… hikss… jadi jangan tanya apa-apa yaa.. wong aku juga baru belajar… hee..

Ok, aku suka banget baca ebook di handphone dengan format java, download games gratisan juga dengan format java (karena hp aku Cuma punya yang format java aja.. heheheh) makanya pas aku masuk kelas ini aku langsung tertarik dan penasaran apa sih Java itu??? Tadi malam aku datang ke tempat mbah google bawa menyan dan kopi item… (heheh… buat sogokan) akhirnya dapat deh beberapa ide untuk aku tulis disini. Yuukkk kita simak…

JAVA

Apa itu Java?? Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++ . Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan pada tahun 1995 . Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems . Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa ) karena James Gosling " Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia .

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis OOP atau kepanjangan dari Object Oriented Programming adalah sebuah cara pandang( paradigma ) dalam memecahkan masalah di dunia nyata dianalogikan kedalam bentuk object dan struktur data yang didalamnya terdapat kumpulan item data disebut variable dan method/fungsi yang saling berinteraksi dalam sebuah struktur program.

*makin ga ngerti neh…. Sssstt.. sabar…

Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Jadi, secara mudah OOP dapat disimpulkan sebagai suatu teknik atau metode untuk menangani kompleksitas pembuatan program. Jika mengikuti aturan-aturan dalam metode tersebut maka program yang dibuat akan lebih mudah dikembangkan.

Sedikit perbandingan tambahan dengan bahasa C dan C++, Java banyak mewarisi konsep orientasi objek dari C++ namun dengan menghilangkan aspek-aspek kerumitan dalam bahasa C++ tanpa mengurangi kekuatannya. Hal ini mempermudah programer pemula untuk mempelajari Java namun mengurangi keleluasaan programer berpengalaman dalam mengutak-atik sebuah program. Di balik kemudahan yang ditawarkan Java, luasnya fasilitas library Java sendiri membuat seorang programer membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dapat menguasai penggunaan library-library tersebut.

Ayo kita permudah bahasanya…

Di dalam OOP, minimal kita harus kenalan dulu dengan yang namanya

  1. Class
  2. Methode
  3. Inheritance
  4. Encapsulation

Class adalah point penting dari OOP yang berisi data dan kode  dengan aksi. Dalam Java segalanya terjadi dalam Class

Object adalah unit dasar  dalam oop dengan aksi, identitas, bagian dari class tapi tidak sama. sebuah  objek di ekspresikan dengan variable dan methode.

Methods kita tau bahwa sebuah class mendefinisikan atribut dan aksi,  peran methode disini menjelaskan bagaimana suatu atribut beraksi.

Inheritance adalah pewarisan atau turunan, seperti ibu/bapak dengan anaknya,  tumbuhan dsb. Dalam bahasa pemrograman java inheritance merupakan turunan dan  pengembangan dari class ke  class lainnya.  Dan saling berhubungan satu sama lain serta atribut dari class diwariskan dari  kelas sebelumnya yang dikenal dengan super class / parent  class / based class Sedangkan class baru yang menjadi turunannya  disebut dengan subclass / child class / derived class.

Enkapsulasi adalah sebuah objek yang mengandung  variabel-variabel dan method-method, dapat ditentukan hak akses pada sebuah  variabel atau method dari objek

Bingung ya??? Sama!!

Dosen aku bilang “nggak usah bingung. Ibaratkan saja class itu adalah cetakan kue dan object itu adalah kue dari cetakan tersebut”

Satu cetakan kue menghasilkan banyak kue, artinya.. satu class bisa menghasilkan beberapa object.

(kurang lebih begitu pengertian nya)

Nah.. mari kita cek dalam script dibawah ini. Misalkan kita buat class burung.

public class nama_class { }

class biasanya terdiri dari beberapa attribut dan method

Sekarang mari kita buat class Burung.

1331888288282035170
1331888288282035170

Untuk menjalankan program ini, aku pakai Jcreator.. kompasianer bisa download dengan gratis ini di mbah google. jangan lupa di running yaa.. apakah program nya jalan atau tidak.

Dalam sebuah program, objek-objek berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan pesan. Sebagai contoh, jika sebuah objek ingin memanggil metode dari objek lain, maka objek ini akan mengirimkan sebuah pesan yang meminta objek tujuan untuk menjalankan metode yang dikehendaki. Pesan ini akan berisi informasi-informasi yang dibutuhkan objek tujuan untuk dapat menunaikan permintaan tadi.

Sebuah pesan dibentuk oleh informasi berikut ini: 1) objek yang dituju; 2) nama metode yang ingin dipanggil; 3) parameter yang dibutuhkan metode tersebut. Misalnya:

anotherObject.aMethod(parameter1);

Bila sebuah objek ingin memanggil metode miliknya sendiri, maka informasi pertama adalah dirinya sendiri. Untuk menunjuk diri sendiri dalam Java digunakan kata kunci this. Maka contoh sebelumnya akan menjadi:

this.aMethod(parameter1);

Atau kita dapat menghilangkan informasi pertama sehingga menjadi:

aMethod(parameter1);

karena bila informasi pertama tidak ada, kompiler akan secara otomatis menunjuk ke objek itu sendiri.

Ada dua keuntungan dalam penggunaan pesan, yaitu: 1) semua kebutuhan interaksi antarobjek dapat dilakukan; 2) objek-objek yang saling berinteraksi tidak harus berada dalam satu proses atau bahkan dalam satu komputer.

Hmmm…. Untuk kali ini cukup sekian dulu yaa?? Aku sendiri masih mau cari bahan lain nya untuk di publish di sini.

*thanks untuk mbah Google yang baik hati dan untuk teman-teman blogger lain nya thanks yaa aku curi ilmunya dikit.. heheheh.. untuk teman-teman kompasianer yang lain mohon sentilan dan jeweran nya jika dalam penulisan ini terdapat kesalahan atau kekurangan (pinjam kalimat mba Yayag YP hehehe...). Mrs. Laila.. ini tugas pertama nya, aku sudah Upload.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun