Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Pekerja Sosial

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertanggungjawab langsung kepada Gubernur DKI Jakarta. Ruang lingkup kinerja dinsos adalah penanganan permasalah sosial seperti kemiskinana, bencana, PMKS dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Regional

Waspadai Penipuan Berkedok Undian, Dinsos Lakukan Edukasi

18 Mei 2017   23:15 Diperbarui: 18 Mei 2017   23:23 40 0 0
Waspadai Penipuan Berkedok Undian, Dinsos Lakukan Edukasi
Sosialisasi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta

Masyarakat masih sering terkecoh dengan adanya Undian Gratis Berhadiah (UGB) yang dilakukan oleh perusahaan atau badan usaha, untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melakukan edukasi terhadap perusahaan atau badan usaha agar memahami aturan ketentuan yang berlaku.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Jakarta, Masrokhan mengemukakan, berbagai permasalahan masih sering terjadi dalam pelaksanaan Undian Gratis Berhadiah (UGB).

"Selama di lapangan pada tahun 2016 di antaranya, dalam pelaksanakan kegiatan Undian Gratis Berhadiah (UGB) banyak Perusahaan, Badan Usaha atau Agency yang belum mendapat izin dari pejabat yang berwenang atau ilegal," tandas Masrokhan saat membuka Sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial, di Hotel Travellers, Jakarta, pada Kamis (18/5).

Sosialisasi oleh Kementerian Sosial
Sosialisasi oleh Kementerian Sosial

Selain itu pula terdapat banyak penipuan yang dialami masyarakat akibat Undian Gratis Berhadiah (UGB). Perusahaan, Badan Usaha atau Agency kerap lalai dengan tidak menyampaikan hasil laporan kepada pejabat pemberi izin.

Mereka juga belum mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai Undian Gratis Berhadiah (UGB).

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

"Melihat itu, kami perlu melakukan edukasi kepada para penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB) di wilayah Provinsi DKI Jakarta," kata Masrokhan.

Hal ini untuk menghindari atau mencegah dampak negatif yang mungkin timbul di masyarakat, sehingga pihaknya dapat meminimalisir adanya aktivitas yang tidak bertanggung jawab yang dapat mengganggu atau meresahkan ketentraman masyarakat.

Peserta Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah (UGB)
Peserta Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah (UGB)

"Output dari kegiatan ini kami berharap kepada para peserta agar dapat berpartisipasi secara aktif merespon atau menanggapi informasi yang disampaikan, karena informasi ini penting untuk melindungi masyarakat dari penipuan undiah berhadiah," ujar Masrokhan.

Total peserta yang mengikuti Sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial sebanyak 50 orang, mereka terdiri dari Dunia Usaha dan Agensi Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB).