HIGHLIGHT

Berburu Khasiat Buah Kurma Sampai ke Negeri Maghribi

11 Juni 2012 12:51:46 Dibaca :
Berburu Khasiat Buah Kurma Sampai ke Negeri Maghribi
Pedagang buah kurma di pasar tradisional Kota Rabat, Maroko.

By. Masykur A. Baddal - Kurma identik sebagai panganan berbuka puasa, yang sangat ideal dan baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga Rasulullah sendiri, mensunnahkan kepada kaum muslimin yang berpuasa di bulan Ramadhan, untuk mendahului berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma. Kemudian baru diikuti dengan santapan tambahan lainnya. Dengan semakin mendekatnya bulan suci Ramdahan, di beberapa gerai super market nusantara, sudah mulai dipajang beberapa produk buah kurma dengan harga yang sangat bervariasi. Tergantung kualitas, rasa serta asal negeri buah kurma itu sendiri. Buah Kurma, adalah keluarga pohon palem Arecaceae  dari genus phoenix.  Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Buah Kurma diyakini berasal dari tanah subur di sekitar lembah sungai Nil di Mesir dan Eufrat di Irak. Seiiring dengan perkembangan teknologi pertanian dunia, saat ini pohon kurma telah dibudidayakan secara luas, sehingga banyak ditanam di wilayah yang beriklim panas di semua benua, seperti Afrika, Australia dan Amerika. Ciri khas buah kurma segar, memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran madu dan gula. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebutlah, maka kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa, karena dapat memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. Di pasar Indonesia, kita banyak menjumpai aneka jenis buah kurma dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada kurma Madinah, Mesir, Tunisia, Zaman, Maghribi, Irak, Amerika dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri, kurma yang tergolong paling lezat dan mahal adalah kurma Nabi, yang asalnya dari kota Madinah Arab Saudi. Sedangkan kurma yang harganya tidak begitu mahal adalah kurma impor dari negara Iran. Dari pengamatan penulis, kurma Iran, Mesir, Tunis dan Maghribi memang tergolong agak kering. Walaupun dari segi rasa mempunyai ciri khas masing-masing. Namun jika dibanding dengan kurma Nabi, tentu saja tidak sebanding. Kurma Nabi, mempunyai kelebihan dalam segala hal, baik dalam bentuk rasa begitu pula harganya yang sangat mahal. Berikut adalah beberapa khasiat buah kurma yang perlu kita ketahui:

  • Penghalau penyakit kanker dan penyakit jantung.
  • Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  • Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  • Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  • Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  • Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  • Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  • Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  • Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  • Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.

Dengan seabrek khasiat dari buah kurma, masihkah kita enggan mengkonsumsikan buah mukjizat tersebut?Mari kita biasakan keluarga dan sanak famili untuk mengkonsumsikan buah ini secara teratur, baik selama bulan Ramadhan maupun hari-hari biasa. Contoh nyata dari khasiat buah kurma bagi tubuh manusia, dapat kita lihat dari kehidupan orang-orang nomaden Arab. Hampir 45% makanan yang mereka konsumsikan adalah berasal dari olahan buah kurma. Terbukti tubuh mereka pun kuat dan tahan dari berbagai serangan penyakit. Serta mampu bertahan dalam keganasan alam padang pasir. Salam.

Masykur A. Baddal

/coffeeaceh

TERVERIFIKASI (BIRU)

.:: Berbagi untuk kemajuan bersama, demi kemajuan bangsa ::.
....Pernah bermukim di negeri kinanah/Mesir +/- 30 tahun....
selalu ada di: www.tiketonline.info

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?