Mohon tunggu...
Aulia Fatma
Aulia Fatma Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Perjuangan Masuk SMA Negeri 16 Bekasi

17 Agustus 2017   15:45 Diperbarui: 17 Agustus 2017   16:35 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dari satu bulan sebelum UN setiap 3 kali seminggu suka bulak balik ke tempat les untuk konsultasi pelajaran untuk UAS,US, dan berakhir di UN. Awal saya tau UN pake Komputer itu saya langsung kaget plus senang. Sampe akhirnya sekolahan saya di SMPN 6 Bekasi mengadakan Try Out sekitar, kurang lebih 4 kali, dan jujur saya waktu coba pertama kali pake computer itu agak nervous dan akhirnya dapat nilai jelek. Wali kelas saya bilang semangat dan berjuang , sampe pas saya  bener bener kesel itu waktu Try Out IPA ke-2. WiFi aula mati dan benar benar lemot tapi akhirnya saya bias lewatin soal itu, dan juga Try Out di tempat les ngebantu banget buat UN saya. Ada beberapa soal yang mirip di soal UN terus akhirnya UN juga tuh saya. Laptop yang saya pakai terlalu terang, bahkan bikin saya blank, karena perngaturannya susah saya cari buat nurunin cahayanya, terus lagi besoknya waktu IPA sekolah mati lampu udah gitu jawaban semua soal yang saya jawab kehapus semua sampe pengen nangis rasanya. Terus selesai UN seminggu kemudian saya persiapan buat perpisahan ke Yogyakarta. Saya senang banget, ya emang karena baru pertama kali ke yogya kali ya. Dulu sih pernah tapi waktu masih bayi dan gak inget apa apa juga. Nah saya ke Yogya berangkat jam 8 pagi sampe sana jam 12 malem keitung seharian di jalan tapi seru pas di jalan. Lagi pas saya di Hotel Premier emang bener enak banget hotelnya. Paginya saya sama temen temen semua berangkat ke gua pindul untuk wisata dan ke Malioboro. Yang saya senang waktu di Malioboro, saya belanjanya sampe kalap uang saya abis, tapi emang memuaskan dari rok baju sampe celana apa aja saya beli yang menurut saya menarik, dan kalo diitung swaktu saya di Yogya itu bisa 10 kali lebih telponan sama orang tua saya. Terus di hari ke 2 saya pergi ke Borobudur abis itu langsung lanjut pulang ke Bekasi seharian lagi. Sekitar jam 4 saya sampe di SMPN 6 Bekasi lanjut ke rumah dan langsung sholat subuh setelah adzan, terus tidur dang anti baju. Seminggu kayaknya baru tuh saya mulai nunggu nem keluar. Agak deg deg an tapi ya gimana, Alhamdulillah nem saya keluar sesuai dengan mimpi. Lanjut pas mau daftar SMA sempet langsung sampe akhirnya ortu saya milih di SMAN 16 yang lumayan dekat dengan rumah saya. Kebetulan lagi saya punya KIP jadi untuk nem saya yang kecil saya tidak percaya diri untuk kalo masuk lewat jalur umur, dan akhirnya saya lebih memilih lewat jalur Afirmasi. Hari pertama jalur itu di buka saya cari tau info apa aja yang harus di pake sampe saya harus 3 kali bulak balik ambil SKL foto/ yang lain. Dan abis itu akhirnya saya bisa daftar 5 hari kemudian. Yang saya inget selama sebelum UN dari saya ke tempat les malem malem sampe saya belajar sampe tengah malem buat hadepin UNBK, dan lagi yang bikin saya kaget itu waktu MTK yang soalnya benar benar susah. Bahkan Cuma beberapa soal yang saya dapetin jawabannya. Kalo buat saya waktu matematika itu benar benar bikin saya blank lupa cara cara yang harusnya saya bisa kerjain dan pas Bahasa Indonesia yang saya suka. Malemnya saya hapalin sajak terus aoa aja sampe kata sambung yang harusnya saya hapal malah jadi lupa. Kalo soal IPA alhamdullilah saya masih bisa ngerjain dan jujur di MTK doang yang kalo dilihat itu susah banget kayak ngejar awan dengan tangan kosong. Saya itu UN kebagian sesi 3 pas abis dzuhur. Saya agak kesel sih Cuma ya jalanin aja, ada bagusnya juga sih waktu pagi saya masih punya waktu lebih buat belajar. Guru saya bilang usaha gak bakal pernah bohongin hasil, ya kalo usaha saya segitu hasilnya juga pasti segitu kan. Waktu itu saya inget sempet gak boleh megang hp, gaboleh mainin, cuma sebentar. Itu juga buat searching materi yang suka saya lupa. Dan lagi, orang tua saya juga ngelarang banget pacaran waktu SMP, ya walaupn saya sempet khilaf sekali, itu juga cuma sebentar, bener bener sebentar karena ketauan dan langsung putusin. Lagi abis UN saya sama ayah saya sempat berantem buat terusan sekolah saya. Saya pengen di 16 tapi ayah saya maunya di 5 yang tingkatanya jauh lebih tinggi. Buat diri saya sendiri sadar aja emang dari awal minat belajar saya ga begitu tinggi semenjak SMP, makanya saya ga berani ngambil yang jauh. Kalo buat cita cita saya sendiri emang suka banget sama sastra, tapi ya udahlah jalan saya emang disini masuk 16. dulu awal cita cita pernah mau jadi perawat, tapikan saya orangnya sakit sakitan, masa iya perawat yang harusnya ngerawat orang malah dirawat kan ga lucu, lagi pernah mau jadi guru tapi takut. Terus jadi athlete panah sempet saya ikutin latihannya bareng temen saya sebulan terus berhenti gara gara tangan saya gak kuat nariknya ditambah mata saya yang minus jadi gak bisa liat dari jauh. Kalo soal pelajaran yang saya suka kedua itu matematika, cuma ga suka fisika. Walaupun ga beda jauh tapi menurut saya lebih penting matematika dari pada fisika yang mitingnya masya Allah muter muter. Waktu kelas 7 aja deh yang saya inget, nilai IPA paling jelek sampe kelas 8 walaupun ada kenaikan drastis. Tapi tetep aja sastra sama matematika jadi prioritas. Saya bakal ceritain waktu saya berantem sama ayah. Waktu itu 3 hari berturut turut saya nangis sendirian kalo nginget pas ayah marah atau inget omongan ayah waktu itu. Ayah yang nuntut saya buat masuk ke SMAN 5 saya nolak tapi ayah marah dan gamau ngurus gimana saya sekolah nanti karna saya tau tentang bayaran di SMAN 5 besarnya masya Allah yang bikin saya khawatir waktu saya perpisahan juga tetap gak kerasa jalan jalannya gara gara mikirin omongan ayah yang terlalu nyakitin, tapi untuk saya sendiri malah bisa maklumin karna ayah yang sudah mulai lanjut usia dan saya harus bisa nurutin kemauannya terutama mama yang emosinya gak pernah bisa kekrontol. Saya orangnya yang pemboros kadang suka sedih liat orangtua saya susah payah cari uang tapi saya abisin buat yang gak penting, terlebih tentang saya yang suka keluar masuk rumah sakit dan habisin biaya besar sampep harus endoskopi walaupun nolak. Saya takut ekonomi keluarga saya terganggu. Emang sih roda kehidupan ga selalu di atas kadang di bawah, tapi waktu itu saya emang lagi saking boros banget. Terus balik ke waktu saya perpisahan nangis mikirin ayah saya yang ngomong begitu dan akhirnya udah gak marah lagi gara gara nganter saya sekolah pagi pagi dan saya sempet agak takut ke jogja dan berakhir dengan kekesalan yang bener bener kesel gara gara saya di bus gaada temen duduk terus saya juga hapenya ilang waktu itu, tetapi setelah saya cek ke bawah kursi ada. Berakhir pas nem saya keluar saya nungguin sampe jam satu dan pas itu langsung nangis persis samma mimpi saya yang menurut saya buruk. Akhirnya ayah saya ngalah dan nurutin saya masuk SMAN 16 lewat jalur afirmasi yang insyaAllah bisa ngurangin beban orang tua saya karena ekonomi saya saat ini sedang bermasalah. Sedih sih tapi yaudah saya terima aja deh terus lagi pas saya lagi daftar ulang. Background foto foto saya salah yang bikin ayah marah karna malah pulang lagi jatohnya nyari fotocopyan yang di sana sini penih dan panas panasan dari sekolah ke rumah lagi dan akhirnya pas saya sekolah balik lagi buat liat siapa saja yang keterima dan akhirnya saya seneng banget banget tapi sedih juga gara gara liat temen saya yang gak keterima di 16 saya sedih gara gara liat dia sampe nangis dan akhirnya saya bersyukur Alhamdullilah keterima dan ambil jurusan IPS.

ILY FROM 12KM

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun