Ariyani Na
Ariyani Na wiraswasta

Hidup tidak selalu harus sesuai dengan yang kita inginkan ... Follow me on twitter : @Ariyani12

Selanjutnya

Tutup

Wisata highlight

Akibat Salah Pilih Hotel

13 September 2017   13:58 Diperbarui: 13 September 2017   14:05 976 4 13
Akibat Salah Pilih Hotel
Sumber : dokter.id

"Setelah kembali ke hotel sebaiknya tetap di dalam kamar saja bu, jangan keluar lagi?" demikian pesan pengemudi angkutan yang membawa kami kembali dari Purwokerto ke Baturraden sekitar jam 9 malam.

Agak riskan bila kita berwisata tanpa melalui jasa tour-travel ke suatu daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, karena modal utama hanya informasi yang ada di internet atau informasi dari teman yang pernah mengunjungi daerah tersebut, yang terkadang tidak lengkap atau ada bagian yang terlewat untuk diperhatikan.

Mulai dari mencari tiket, mencari tempat wisata mana saja yang bagus untuk dikunjungi, tempat kuliner yang khas dan enak di daerah tersebut, transportasi yang akan digunakan selama disana dan tempat menginap.

Kejadian salah pesan hotel yang saya alami saat berwisata ke Baturraden adalah akibat dari kekurangan informasi atau tepatnya kurang detail membaca seluruh informasi dan hanya mengandalkan keterangan yang ada di aplikasi pencarian hotel saja.

Rencana dua malam menginap di Baturraden pada satu hotel yang sudah saya ketahui kondisinya (karena beberapa minggu sebelumnya, suami dan teman-teman menginap disana) tidak dapat terpenuhi karena hanya tersedia untuk satu malam saja, sedangkan untuk malam selanjutnya sudah penuh dipesan orang.

Saat hendak pesan hotel untuk satu malam lagi, hanya ada dua hotel yang tersedia di aplikasi pencarian dan pemesanan hotel, dan keduanya sama-sama bintang satu, sehingga pilihan saya saat itu jatuh pada hotel yang lokasinya di jalan raya.

Dari harganya saya sudah menduga dan menginformasikan kepada teman-teman yang ikut  bahwa kondisi hotel pasti tidak akan senyaman hotel yang kami gunakan di hari pertama, namun saya tidak mengetahui bahwa hotel tersebut satu lokasi dengan diskotik, sehingga kami yang saat itu perempuan semua agak khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pintu yang kuncinya bermasalah, bantal yang keras, sprei dan handuk yang sudah usang, dan adanya ketukan pintu tengah malam menjadi cerita kami saat pagi harinya, dan kondisi ini mengakibatkan tidak bisa tidur bahkan ada yang sakit.

Seandainya sebelum melakukan pemesanan hotel saya mengetahui bahwa jarak tempuh dari Baturraden ke Purwokerto kurang dari satu jam, dan angkutan umum yang kami sewa untuk keliling wisata di Baturraden dapat masuk ke wilayah Purwokerto hingga malam hari, tentu kami akan memilih menginap di Purwokerto yang pilihan hotelnya lebih banyak, lebih bagus dan lebih jelas bagaimana kondisinya.

Berikut adalah tips mencari tempat menginap di suatu daerah yang belum kita kunjungi.

  • Biasanya keputusan memilih hotel berkaitan dengan budgetatau anggaran yang akan kita keluarkan, namun harga yang akan kita pilih sebaiknya disesuaikan dengan siapa kita akan menginap. Bila membawa orang tua, atau anak-anak sebaiknya pilih hotel yang sudah jelas kualitas pelayanannya agar mereka lebih nyaman.
  • Baca review hotel selengkap mungkin, jangan percaya pada angka atau penilaian yang terdapat pada aplikasi pencarian dan pemesanan hotel saja.
  • Gambar atau foto kondisi hotel yang disajikan pada layanan pencarian hotel biasanya belum tentu dengan sama kondisi aslinya sehingga kita perlu mencari informasi selengkap-lengkapnya lewat internet atau media sosial.
  • Pilih hotel yang refundable, sehingga kita dapat membatalkan  pemesenan hotel bila mendapat informasi terbaru dan tidak sesuai harapan.
  • Tulis review hotel selengkap mungkin setiap kali kita selesai menginap, hal ini akan membantu orang yang akan mencari hotel di daerah tersebut.

Terlepas dari salah pesan hotel, berwisata ke Baturaden sangat menyenangkan, ini adalah salah satu foto yang kami ambil di Curug Bayan.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi