Dicari 104 Inovasi Paling Prospektif

16 Februari 2012 07:49:49 Dibaca :

Innovation and imagination give an economy or a company that extra edge. Today, wealth generated by new ideas.

( Goh Chok Tong, Prime Minister Singapore)

Seorang Steve Jobs, Founder Apple inc. adalah contoh inovator handal, meskipun ia bukanlah inventor. Sering kali kata invensi dan inovasi itu terbalik-balik dalam penyampaian maknanya. Inovasi itu adalah hasil pengembangan dari suatu invensi (temuan). Inovasi adalah kata kerja. Kerja seperti yang dilakukan Steve Jobs, misalnya. Ia handal dalam teknik presentasi dan pemasaran  ide baru yang kemudian menjadi produk baru Apple. Produk  yang dilansir banyak media di muka bumi ini sebagai paling inovatif.

Steve Jobs dan Apple punya ceritanya sendiri. Lalu bagaimana dengan inovasi anak bangsa. Siapa sajakah Inovator negeri ini?

Kementrian Riset dan Teknologi RI. Sejak tahun 2008 lalu. Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke -100. Lahir sebuah gagasan untuk membukukan 100 Inovasi Indonesia paling prospektif. Paling prospektif ini ditekankan untuk menyatakan bahwa karya-karya inovasi tersebut--belum atau sepenuhnya-- teruji secara ekonomis maupun secara komersial. Untuk itulah, para investor diundang bekerjasama dengan para inventor guna mendayagunakan prospek inovasi ini

Ide ini digadang untuk membangkitkan optimisme anak bangsa. Seperti yang juga disampaikan Presiden SBY " Indonesia Bisa!"  Buku 100 inovasi Indonesia tersebut berlanjut setiap tahunnya menjadi seri 100 + Inovasi. Tahun 2012 ini, seri buku tersebut memasuki tahun ke- 5 dimana 104 Inovasi anak negeri akan dicatatkan dalam buku tersebut.

Terima Tantangan menjadi bagian dari 104 Inovasi Indonesia?!

info lebih lanjut :

http://bic.web.id/in/seri-inovasi/undangan-seri-inovasi-indonesia.html

aria@bic.web.id

Febby Ariawiyana

/ariawiyana

Saat ini beraktivitas sbg intermediator teknologi BTC-Network | Redaktur Majalah Online UKM Indonesia Network (@UKMNetwork) | Dukung Program Sistem Inovasi Daerah
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?