Mohon tunggu...
Amidi
Amidi Mohon Tunggu... Dosen - bidang Ekonomi

Fakultas Ekonomi dan.Bisnis Universitas Muhamadiyah Palembang

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Berbagi Manajemen Dalam Menulis Artikel

18 Mei 2024   05:35 Diperbarui: 18 Mei 2024   05:42 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Oleh Amidi


Sebetunya sudah lama saya mau berbagi bagaimana saya menghasilkan atau memproduksi suatu artikel,  namun baru sempat dan atau disempatkan sekarang. Saya masih perlu belajar banyak lagi dalam  tulis menulis ini, namun tidak ada salahnya jika saya ikut berbagi tentang manajemen yang saya jalankan dalam menulis suatu artikel.

Menulis ada sebagian anak negeri ini sudah menjadi  "hobi", sehingga apabila ia tidak menulis atau sudah lama tidak menulis, ia "tergelitik" untuk menulis, dan ia "rindu" segera ingin menulis kembali. Bila disimak bahwa di tengah kesibukan dalam menjalankan aktvitas sehari-hari, terkadang tidak jarang persoalan tulis menulis ini  terbengkalai, terkadang begitu ide muncul, akibat suatu kesibukan, sehingga ide tersebut lenyap begitu saja, tidak tertuangkan dalam suatu artikel.

Untuk itu harus ada unsur pengorganisasian dalam menulis dan atau harus ada manajemen dalam aktvitas tulis menulis. Manajemen dalam menulis antar penulis berbeda-beda, apakah ia seorang penulis artikel, penulis puisi, penulis novel, penulis berita dan lainnya.

Ada penulis pada saat mendapatkan ide  atau inspirasi, ia langsung menorehkannya melalui tulisan tangan terlebih dahulu, setelah selesai baru ia "ketik" di komputer atau lap top. Ada penulis pada saat mendapatkan ide  atau inspirasi, ia langsung menghadap komputer atau membuka  lap top untuk menorehkannya.  Ada penulis pada saat mendapatkan ide  atau inspirasi, ia tangkap terlebih dahulu dengan mencatatnya di suatu memori atau buku kecil berupa buklet atau diary, kemudian pada saat  ada kesempatan menulis, baru ia menuliskan ide  atau inspirasi tersebut

Kebiasaan Saya.


Bila dirunut, maaf, sebenarnya sudah banyak artikel dan atau tulisan yang saya tulis selama ini. Saya menulis mulai tahun 1990, yang saya tulis adalah  artikel ekonomi, karena sesuai dengan bidang yang saya geluti. Pertama sekali tulisan atau artikel saya diterbitkan pada salah satu koran lokal (Sriwijaya Post) yang merupakan group koran nasional (Kompas) yang terkenal dan menempati oplah terbesar di negeri ini. Kemudin pada tahun 1994, artikel saya tentang pajak berhasil dimuat di Kompas cetak, sekali lagi, suatu kebanggan yang luar biasa, walaupun melalui perjuangan yang tidak ringan.

Suatu kebanggaan yang tidak bisa dilukiskan, pada saat saya membuka koran halaman OPINI koran tersebut, saya melihat ada gambar saya menyertai artikel ekonomi saya. Betapa tidak?. Karena saat itu saya masih kuliah semester enam pada  Fakultas Ekonomi salah Universitas  yang ada di daerah saya.

Dengan terus menekuni dunia tulis menulis tersebut, singkat cerita sampai saat ini saya masih tercatat salah seorang penulis di koran, di majalah, dan media massa cetak maupun online, termasuk saat ini saya merupkan salah seorang kompasianer.

Tidak hanya itu, imbas dari hobi menulis tersebut, saya pun sering dimintai komentar atau pendapat oleh pihak media, baik media cetak, online maupun media elektronik (Radio dan Televisi) tentang masalah ekonomi yang sedang berkembang, baik masalah ekonomi lokal, nasional maupun internasional. Ini semua berkat ketekunan,  berkat media tempat menulis tersebut yang telah membesarkan saya, untuk itu tidak berlebihan, kalau saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besar kepada media-media tersebut.

Manajemen Menulis Saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun