Benarkah Dewa Gilang Berusia 15 tahun?

27 Mei 2012 18:58:54 Dibaca :

Saya kutip komentar dewa Gilang di tulisannya sendiri,'' wah om dari tasik ya, kota santri dong. Saya pernah tiga tahun lalu di ajak pasaran di pesantren bantar gedang, waktu itu ngaji ilat alfiyah, ya saya sih nurut aja. tapi emang tuh pesantren tob abis om...trims salam kenal om''.

Kalo sekarang usia dewa gilang lima belas tahun maka tiga tahun yang lalu usianya baru dua belas tahun, sungguh luar biasa di usia yang masih belia dia sudah belajar kitab alfiyah. Setahu saya ada dua orang yang sudah menguasai alfiyah dalam usia 15 tahun.

Orang pertama adalah KH Ilyas Ruhiyat Almarhum, Alfatihah buat beliau, KH Ilyas adalah mantan Rois Am PB NU waktu itu beliau mendampingi Gus Dur yang menjabat ketua umum PB NU.  KH Ilyas juga pengasuh pondok pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

Sedangkan orang kedua yang mampu menguasai alfiyah dalam usia 15 tahun adalah Prof.Dr. H.M. Rasjidi, beliau adalah mantan menteri agama  republik Indonesia, Prof. Rasjidi pernah belajar di Mesir dan Perancis, beliau juga sempat menjadi dosen di sebuah universitas terkenal di Kanada.

Jika memang dalam usia dua belas tahun dewa Gilang udah belajar alfiyah maka di usianya yang sekarang bisa jadi dia sudah menguasai alfiyah, kalo emang bener, maka dewa gilang ini menyamai rekornya KH Ilyas dan Prof Rasjidi.

Saya sendiri boro boro menguasai alfiyah yang terdiri dari 1000 baet syair, kitab jurumiyah aja enggak tamat tamat hihihi. Kalo KH Ilyas dalam usia lima belas tahun udah mengajar di pesantren maka Dewa gilang dalam usia lima belas tahun sudah membuat banyak tulisan di kompasiana.

Silahkan berimajinasi hihihi....

NB: Kitab alfiyah( kitab tata bahasa Arab)   sangat terkenal di kalangan santri karena bisa bikin rambut jadi keriting.

Mukti Ali Bin Syamsuddin Ali

/alimukti37

TERVERIFIKASI (BIRU)

Ayahnya Davi, Deniez dan Defa..
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?