Mohon tunggu...
Money

Tas Laptop Kulit

1 Juni 2017   16:59 Diperbarui: 1 Juni 2017   17:45 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

BAB I

PENDAHULUAN

Dewasa ini banyak orang baik pekerja, mahasiswa, dan pelajar yang membawa laptop ke tempat mereka pergi, baik itu kantor, kampus, atau café. Mereka biasa membawa laptop menggunakan tas ransel, tas laptop, atau mereka bawa dengan tangan. Tas laptop yang biasa dipakai oleh orang merupakan tas laptop bawaan dari merk laptop mereka atau tas laptop yang mereka beli di toko offlineatau online. Tas laptop bawaan dan tas laptop yang beli di toko biasanya hanya memiliki nilai fungsional nya saja dan tidak memperhatikan unsur estetik.

Lalu, banyaknya orang Indonesia yang mencintai barang dari kulit baik itu dompet, tas, sepatu, atau jam tangan sekalipun. Banyaknya pecinta kulit di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya bisnis local yang memiliki produk berbahan dasar kulit seperti chevalier, lthrkrft, voyej, junkyard, portegoods, dan lain-lain. Dapat diliah target pasar kulit di Indonesia sangatlah banyak dinilai dari banyaknya brand yang memiliki bahan dasar kulit.

Bisnis yang akan saya kembangkan adalah tas laptop yang memiliki nilai estetik serta masih memiliki fungsi yang memadai. Tas laptop ini berbahan dasar kulit dan memiliki warna polos dan tidak memiliki ornament lainya. Warna yang akan saya sediakan adalah hitam, coklat tua, dan fake tan. Tas laptop saya akan memiliki ukuran dan design yang variatif. Ukuran akan menyesuaikan pesanan karena laptop memiliki ukuran yang bermacam-macam. Design tas laptop saya akan ada dua yaitu model slip on bag seperti clutch, backpackdan messenger bag.

Permasalahan yang akan dihadapi antara lain, persaingan dengan banyaknya brand-brand local maupun luar negeri yang sudah memiliki nama di Indonesia. Orang cenderung memilih untuk membeli brand yang sudah terkenal dan banyak dipakai oleh masyarakat luas.

BAB II

BUSINESS MODEL CANVAS

Customer Segment

  • Mass Market : segmen pasar luas dengan jenis kebutuhan dan masalah yang sama.
  • Niche Market : segmen pasar yang spesifik.
  • Segmented: segmen pasar yang memiliki kebutuhan berbeda tetapi dalam satu kategori.
  • Diversified : segmen pasar yang memiliki kebutuhan atau masalah yang sangat berbeda.
  • Multi-sided Platform : melayani dua atau lebih pasar segmen pasar yang saling tergantung.

Ada beberapa pendekatan yang digunakan untuk melakukan segmentasi pasar, yaitu demografi, geografi, dan psikografi. Pendekatan demografi meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan. Pendekatan geografi cenderung membagi pelanggan berdasarkan wilayah tempat tinggal, sedangkan pendekatan psikografi meliputi gaya hidup, sikap-sikap, dan minat pelanggan.

Customer Segment kami adalah segmented.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun