Bagaimana Cara Memperbaiki Cat Epoxy Lantai yang Rusak?

12 Agustus 2017   00:04 Diperbarui: 16 Agustus 2017   17:58 31 0 0

Lantai yang sudah pernah dicat epoxy tetapi mengalami kerusakan dapat dilakukan perbaikan dengan melakukan pengecatan kembali dengan cat epoxy. Persoalan ini seringkali muncul, bagaimana cara mengatasinya dan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan?

Secara umum permukaan epoxy yang baik adalah lapisan yang keras dan baik serta melekat dengan baik pada permukaan substratnya.

Kerusakan epoxy lantai bisa terjadi karena beberapa hal:

  • Perlakuan yang salah pada permukaan epoxy tersebut misalnya:
  • menyeret benda-benda runcing atau yang agak tajam pada permukaan epoxy sehingga cat epoxy lantai tergores atau mengelupas
  • permukaan epoxy terpapar oleh bahan kimia yang sangat keras sehingga merusak cat epoxy lantai tersebut
  • Hal yang mengkhawatirkan jika proses pengecatan epoxy yang dilakukan tidak sesuai dengan standard, misalnya persiapan permukaan lantai yang buruk akan mengakibatkan hasil pengecatan epoxy lantai tidak maksimal.

Kondisi-kondisi inilah yang menyebabkan harus dilakukan perbaikan pada permukaan epoxy lantai dengan mengecat ulang permukaan epoxy yang ada.

Apa yang harus dilakukan jika hendak mengaplikasikan cat epoxy baru di atas cat epoxy lama?

Cek permukaan cat epoxy yang lama

Perhatikan apakah:

cat masih melekat dengan baik pada permukaan lantai? Jika ya, maka cat epoxy lama tidak perlu dikupas, hanya perlu diamplas. Jika sebagian besar cat sudah terkupas, maka cat lama dikupas seluruhnya.  

Bersihkan permukaan dari debu, minyak, lilin, dan kotoran lainnya

Setelah permukaan bersih maka dapat diaplikasin cat epoxy baru.

Proses pengecatan epoxy ulang haruslah tepat dan sempurna, karena hasil dari pengecatan epoxy inilah yang akan kita terima sebagai hasil akhir yang sempurna serta akan berguna untuk aplikasi dan kegunaannya sesuai dengan maksud dan tujuan kita mengecatnya.