Mohon tunggu...
Desri Ousana
Desri Ousana Mohon Tunggu... Jurnalis - Watatuku, 24-12-1999

Agribisnis 2018 (SWCU)

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Menikmati Camilan Kue Rambut khas Alor NTT

18 September 2018   10:21 Diperbarui: 18 September 2018   10:31 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kue rambut (tribunnews)

Alor merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain.Pulau alor berseblahan dengan timor leste, pulau alor memiliki wisata yang sangat indah dan sering disebut surga ditimur matahari.

Salah satu cemilan yang ada di pulau alor adalah kue rambut,sesuai namanya kue ini berbentuk seperti rambut yang terbakar karena warnanya yang oranye hingga kecoklatan makanan ini termasuk istimewa karena biasanya menjadi hidangan diacara-acara khusus seperti acara adat dan penyambutan tamu.

Bahan yang digunakan juga tidak banyak hanya dengan bahan utamanya tepung beras yang dicampur dengan tapioka,gula palem,gula pasir,dan nira.semua bahan di campur agar menjadi adonan yang teksturnya pas supaya bentuknya sesuai dengan namanya,ada cetakkan tertentu yang digunakan cetakan tersebut berbahan kaleng susu yang bagian dasarnya  dilubangi agar seperti saringan.

Untuk membuat kue rambut yaitu dengan meneteskan adonan kedalam minyak panas setelah itu gerak-gerakan cetakan agar membentuk tumpukan rambut, dalam penggorengannya juga harus hati-hati dan sabar supaya mendapat tekstur yang renyah dari kue rambut.jika sudah matang baru ditiriskan dan disajikan

Cemilan kue rambut ini juga menjadi oleh- oleh dari pulau alor NTT,selain kue rambut ada cemilan lain seperti jagung titik, jagung bunga, dan makan khas NTT jagung bose dan juga ada minuman khas yaitu tuak putih dan sopi.

Mari berkunjung kepulau alor surga ditimur matahari dan menikmati indahnya wisata,adat-istiadat dan beragam makanan khas alor.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun