Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Artikel Utama

Memaknai Lebaran Ketupat, Bukan Sekadar Tukar Lauk dan Makan-makan

17 April 2024   21:42 Diperbarui: 18 April 2024   00:46 1582
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi/Irerosana

Dapur-dapur di Desa Guyangsari Kabupaten Semarang kembali semarak di hari ke 7 lebaran Idul Fitri. Di hari ini ketupat kembali menjadi ratu dalam sehari. Kami menyebutnya lebaran ketupat, syawalan atau kupatan.

Seperti namanya, saat lebaran ketupat, warga kembali memasak ketupat lengkap dengan lauk berupa sayur opor ayam dan sambal goreng ati. Ada juga beberapa orang yang mengganti sambel goreng ati dengan sayur tahu, kentang, krecek dengan kuah santan.

Biasanya warga sudah melakukan persiapan memasak sedari sehari sebelumnya (hari 6). Pada hari ke 7, hasil olahan para warga di bawa ke masjid untuk didoakan (slametan) sebelum akhirnya dimakan bersama-sama.

Sumber: Dokumentasi Pribadi/Irerosana
Sumber: Dokumentasi Pribadi/Irerosana

Kurang lebih pukul setengah 7 pagi warga Guyangsari sudah berkumpul dengan membawa nampan atau tampah berisi ketupat dan lauk masing-masing. Dalam satu keluarga cukup perwakilan satu orang yang datang ke masjid. Biasanya Bapak, anak laki-laki atau jika tak ada laki-laki maka boleh diwakili oleh perempuan yang ada di rumah.

Acara di buka dengan pembacaan tahlil yang dipandu oleh tokoh agama setempat (ustad). Setelah pembacaan tahlil, ustad memberikan ceramah mengenai makna dan arti dari lebaran ketupat.

Ketupat sendiri merupakan kependekan dari "ngaku lepat" di mana lepat dalam bahasa jawa berarti "maaf". "Ngaku lepat" bermakna permintaan maaf, utamanya kepada Allah Swt lalu sanak keluarga, saudara, teman serta masyarakat sekitar. Hal ini juga dimaksudkan bahwa lebaran adalah momen untuk saling memaafkan.

Ketupat dibungkus dengan janur di mana dalam bahasa Arab yaitu Jaa a al nur yang berarti telah datang cahaya. Sementara dalam bahasa jawa diartikan sejatine nur yang bermakna bahwa manusia kembali suci setelah melaksanakan puasa ramadan.

Janur tersebut dianyam berbentuk segi empat. Anyamannya sendiri menyimbolkan bahwa hidup manusia itu rumit dan penuh liku-liku sehingga syarat akan kesalahan dan kekhilafan.

Ketupat biasanya ditemani lauk berbahan santan seperti opor ayam. Saking kentalnya ikatan kedua menu itu sampai-sampai di Jawa ada istilah "mangan kupat nanggo santen, menawi lepat kulo nyuwun pangapunten," yang artinya makan ketupat dengan santan, bila ada salah mohon dimaafkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun