Mohon tunggu...
Zulfaya Salsabila
Zulfaya Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perekonomian Indonesia Menjadi Tidak Stabil Akibat Pandemi Covid-19

28 Januari 2021   13:12 Diperbarui: 28 Januari 2021   13:14 73 2 0 Mohon Tunggu...

Akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan sebuah penemuan virus terbaru yang berasal dari China. Yaitu Virus Corana yang cukup berbahaya, dapat menyerang siapa saja dan penyebarannya begitu cepat. Penyebaran virus baru yang telah menyebar ke seluruh dunia sehingga mempengaruhi banyak orang.

Pemerintah saat ini sedang berupaya untuk mengoptimalkan kondisi perekonomian Indonesia. Pandemi Covid-19 datang dengan membawa dampak negatif yang membuat resah penduduk dunia. Seperti yang kita ketahui sekarang ini bahwa dampak dari pandemi ini sangat berpengaruh dalam perekonomian negara. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini perekonomian Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi sangat tidak stabil

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan terhadap perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Perubahan dalam kehidupan ekonomi masyarakat telah mengubah interaksi jual-beli di pasar. Banyak pedagang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini, yang pasti pendapatan yang didapat juga menurun dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi covid-19 ini.  Dikarenakan disaat pandemi sekarang ini banyak orang yang memilih di rumah saja agar terhindar dari covid-19 ini. Industri-industri juga mengalami keterpurukan, perekonomian Indonesia saat ini telah mengalami penurunan yang sangat signifikan akibat pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu, strategi-strategi akan diterapkan untuk membangkitkan perekonomian Indonesia. .

Harga komoditas juga mengalami penurunan akibat pandemi covid-19 yang akan berdampak buruk bagi perekonomian dunia dan Indonesia tahun ini. Perekonomian mitra dagang utama Indonesia dapat dikatakan memburuk pada saat ini. Permintaan dalam negeri juga diperkirakan akan melemah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x