Mohon tunggu...
Zulfan saputra
Zulfan saputra Mohon Tunggu... Guru - menulis agar tetap hidup

sedikit dari perjalanan perjalanan saya dan ide ide ringan saya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kita Sering Melakukan Ini Saat Menghadapi Masalah, Cara Ini Ampuh Membuatmu Lebih Plong Menghadapinya

2 Oktober 2022   02:01 Diperbarui: 2 Oktober 2022   05:57 94 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita sebagai manusia, tidak pernah lepas dari sebuah masalah, hampir setiap hari manusia mendapatkan masalah , dari mulai hal-hal kecil sampai hal-hal besar.

Tapi disudut pandang yang lain manusia bisa bertahan hidup karena masalah-masalah yang ia hadapi setiap hari, baik masalah-masalah yang ringan atau berat

Karena dengan menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah menjadikan manusia semakin dewasa , semakin berat masalah yang dihadapi dan diselesaikannya semakin bijaklah manusia tersebut.

Namun tidak jarang ketika menghadapi masalah, kita langsung bisa menyelesaikan nya, beberapa hal dibawah ini yang sering kita lakukan ketika menghadapi masalah :

1. Penekanan dan penahanan

Di level ini ,biasanya kita kurang siap menerima masalah yang datang dan belum bisa mengakui atau masih belum percaya dengan apa yang dihadapai , maka dilevel ini seseorang berusaha untuk menekan dan menahan apa yang ia rasakan.

Salah satunya jadi stress, stress adalah akumulasi dari seluruh emosi yang tertahan, kita ini manusia serba terbatas, tampungan emosi kita juga terbatas jika tidak dilepaskan akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental dikemudian hari.

2.Ekspresi

Dibagian ini ketika seseorang mendapatkan masalah, orang ini bersifat ekspresif, atau langsung mengeluarkan apa yang ia rasakan, memang sedikit lebih baik dari penekanan dan penahanan karena emosi yang ia rasakan langsung dikeluarkan, namun efek kurang baiknya adalah orang orang disekitarnya.

Orang orang disekitarnya akan merasakan dampaknya karena energi negatif yang dipancarkan akan sangat cepat tersalurkan , tidak jarang ketika melampiaskan emosi orang orang disekitar akan menjauh atau malah menambah masalah baru.

3.Pelarian Diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan