Mohon tunggu...
Zulfa Khoiriyyah
Zulfa Khoiriyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - 101190181_HKI.G

101190181_HKI.G_IAIN Ponorogo Tugas UAS Masail Fiqhiyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perspektif Transplantasi pada Era Modern dalam Tinjauan Fiqh Kontemporer

30 November 2021   12:39 Diperbarui: 30 November 2021   12:56 106 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Sekarang banyak sekali jenis macam penyakit yang harus disembuhkan. Pada zaman sekarang penemuan dan pengetahuan manusia telah berkembang pesat, khususnya dalam dunia kedokteran kemajuan teknologi kedokteran semakin maju, dengan adanya kemajuan teknologi dalam kedokteran memudahkan untuk membantu penyembuhan dari penyakit penyakit tersebut.

Salah satu contohnya adalah transplantasi organ tubuh. Transplantasi anggota organ tubuh saat ini telah menjadi salah satu cara yang sering dilakukan dalam dunia kedokteran saat ini, banyak nyawa manusia atau organ tubuh yang rusak dan tidak memungkinkan untuk sembuh tetapi bisa disembukan melalui menggantikan anggota badan yang rusak itu dengan anggota badan yang sehat dengan cara transplantasi organ ini. 

Saat ini permintaan untuk melakukan transplantasi organ tubuh semakin marak, karena dengan metode transplantasi organ tubuh tingkat kelangsungan untuk seseorang hidup dan sembuh dari penyakit saat ini sangat tinggi. 

Maka sekarang yang menjadi pertanyaanya apakah secara syariat seseorang diperbolehkan mendonorkan anggota organ tubuh badannya kepada orang lain, dan  apakah boleh bagi para dokter untuk memotong anggota badan seseorang lalu mencangkokannya (transplantasi) kepada orang lain?.

PEMBAHASAN 

1. Transplantasi

Kata transplantasi berasal dari bahasa Inggris yaitu to transplant atau "to move from one place to another" yang artinya ialah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Transplantasi ialah serangkain proses tindakan yang dilakukan oleh kedokteran untuk memindahkan jaringan atau organ tubuh manusia yang berasal dari tubuh manusia itu sendiri atau organ tubuh manusia yang satu ketubuh manusia yang lainnya dalam rangka pengobatan melalui tindakan operasi untuk menggantikan organ tubuh yang busuk atau tidak berfungsi dengan baik digantikan dengan organ tubuh yang lebih baik. 

Transplantasi merupakan salah satu upaya terbaik yang dilakukan untuk menolong pasien yang mengalami kerusakan organ tubuh yang rusak dan tidak memungkinkan untuk sembuh tetapi bisa disembukan dan menggantikannya dengan organ tubuh dirinya sendiri atau organ tubuh orang lain yang lebih sehat.

Ada beberapa jenis transplantasi (pencangkokkan) dalam kedokteran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan