Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Keyword Research, Keahlian Utama Penulis Artikel Online

14 Juni 2021   11:41 Diperbarui: 14 Juni 2021   12:12 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keyword Research. Images Source:https://mangools.com/

Keyword research memudahkan para penulis untuk mengejar halaman utama yang memiliki relevansi dengan situs mereka. Google atau mesin pencari akan menilai sebuah konten dengan situs apakah memiliki kecocokan atau tidak untuk memudahkan dalam memberi penilaian. Penilaian tersebut akan menentukan posisi situs dalam sebuah pencarian kata kunci. 

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang penulis artikel ialah melakukan keyword research. Keyword research seakan dibutuhkan hanya oleh seorang SEO saja, namun pada kenyataannya tidak. 

Bahkan, seorang penulis artikel pun harus menguasai teknik keyword research. Keyword research akan membantu penulis dalam membuat konten artikel yang berkualitas.

Salah satunya ialah dalam pemilihan kata kunci yang tepat dan relevansi dengan sebuah situs, beserta "Keyword Suggestion" yang dapat juga menjadi usulan untuk konten artikel selanjutnya.

Menentukan kata kunci yang relevan dengan tema situs

Pada dasarnya dalam membangun sebuah situs, setidaknya ada dua atau lebih kata kunci yang wajib dikejar untuk bisa menjadi halaman utama (page one). Kata kunci ini akan digunakan baik dalam on-page SEO, off-page SEO dan konten artikel. Sehingga akan memudahkan google dalam mendeteksi tema dan relevansi sebuah situs. 

Dalam melakukan keyword research, saat ini telah banyak tools yang dapat mendukung. Mulai dari produk google seperti google keyword planner, google trends, ubersuggest. dan lainnya. 

Dengan menggunakan tools tersebut penulis dapat melihat beragam metrik dari volume traffic, kompetisi hingga biaya lelang jika ingin melakukan SEM menggunakan kata kunci tersebut. Selain itu, terdapat juga kata kunci suggesti yang memiliki kesamaan atau relevansi dengan dengan kata kunci utama.

Melihat volume traffic yang dihasilkan

Saat melakukan keyword research salah satunya ialah melihat volume traffic. Volume traffic ialah seberapa banyak kata kunci tersebut menjadi kata kunci yang sering diketik oleh pengguna internet di mesin pencari. Satuan pencarian yang tersaji pada tools tersebut biasanya diukur dalam satu bulan rata-rata kata kunci tersebut diketik dimesin pencari.

Semakin sering kata kunci tersebut diketik dimesin pencari berarti kata kunci tersebut merupakan kata kunci yang dapat mendatangkan banyak traffic. Namun, semakin tinggi volume traffic kata kunci akan berbanding lurus dengan kompetisi antar situs pada kata kunci tersebut. 

Memudahkan penulis dalam menulis artikel

Dalam membuat sebuah artikel SEO Friendly yang berkualitas, kata kunci menjadi hal utama untuk menentukan tema yang akan ditulis. Dengan tema yang sesuai dengan kata kunci yang dipilih akan turut membantu situs mendongkrak performanya. Algoritma dari google atau mesin pencari akan mudah mendeteksi tema dari situs tersebut dan menyajikannya kepada pengguna internet yang mencari konten tersebut.

Secara algoritma, google atau mesin pencari menyukai situs-situs yang rajin mengisi konten mereka. Konten artikel merupakan konten yang kerap digunakan sebagai strategi utama untuk rajin mengisi konten dalam sebuah situs. Banyak dari situs-situs yang kerap menyematkan laman blog pada menu agar bisa rajin melakukan update pada konten situs.

Memilih kata kunci yang memiliki kemiripan

Agar memudahkan penulis membuat artikel berkualitas yang SEO Friendly, disarankan menggunakan tools tamabahan seperti yoast SEO. Fungsi tools ini pada konten artikel ialah akan menilai apakah artikel sudah sesuai kaidah-kaidah SEO yang sesuai dengan keinginaan dari mesin pencari. Untuk lebih paham mengenai artikel yang SEO Friendly bisa klik disini.

Dalam membuat artikel SEO Friendly salah satu salah satu metrik yang dihitung ialah penggunaan kata kunci yang sama dalam konten artikel untuk satu situs. Yoast SEO menyarankan tidak membuat artikel yang menggunakan satu kata kunci yang sama untuk 3 artikel. 

Cara menghindarinya ialah untuk memproduksi artikel yang memiliki kemiripan dengan kata kunci tersebut. Penggunaan "suggestion keyword" yang terdapat di google keyword planner dapat menjadi referensi kata kunci yang bisa digunakan. Selain itu, dapat juga menggunakan long tail keyword yang memiliki relevansi dengan kata kunci utama.

Bagi penulis artikel paham mengenai keyword research akan sangat menguntungkan. Dengan penggunaan keyword research penulis tidak akan kehabisan tema kata kunci yang bisa dibuatkan dalam sebuah artikel setiap harinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun