Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Sedang belajar menulis layaknya anak sekolah dasar dikelas bahasa. kontak z.chaeril@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tips Menulis Sebuah Artikel yang SEO Friendly

4 Mei 2020   15:40 Diperbarui: 4 Mei 2020   17:47 44 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menulis Sebuah Artikel yang SEO Friendly
Menulis artikel. Sumber: powerupyourmarketing.com/

Meningkat rangking sebuah situs adalah hal yang diperlu dilakukan agar situs kita banyak dikenal dan juga dikunjungi oleh semakin banyak orang. Salah satu yang dapat meningkatkan peringkat ataupun nilai sebuah situs adalah konten. Konten dapat berbentuk visual seperti gambar dan video ataupun sebuah konten tulisan atau artikel.

Kita akan fokus mengenai sebuah konten tulisan. Ya, konten tulisan merupakan salah satu konten untuk mengisi sebuah situs. Konten ini dapat diisi setiap hari dalam laman blog disitus. Konten tulisan merupakan salah satu faktor perhitungan mesin pencari untuk melihat seberapa sering anda melakukan update terhadap situs anda. Karena saat ini mesin pencari cenderung menyukai situs-situs yang sering diupdate.

Konten tulisan tidak hanya sebuah konten berbentuk tulisan-tulisan sebuah cerita ataupun berita terkini yang ingin diinformasikan kepada pembaca. Tapi menulis dalam sebuah situs membuat anda memahami kaidah-kaidah yang mampu mendongkrak performa sebuah situs.

Tantangan dalam membuat tulisan yang SEO Friendly

Istilah SEO Friendly sangatlah familiar bagi para penulis online saat ini. SEO Friendly dibutuhkan untuk menciptakan sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh mesin pencari dan memudahkan untuk pembaca masuk ke dalam suatu situs tertentu. SEO Friendly pun mengharuskan penulis untuk memenuhi standar penulisan yang sesuai dengan kriteria mesin pencari, seperti google dan yahoo.

Meskipun terdapat beberapa kriteria untuk menulis sesuai SEO Friendly namun tidak sulit jika ingin dicoba. SEO Friendly membantu penulis-penulis online saat ini agar tulisannya dapat dibaca oleh semakin banyak orang.

Tentukan tema dan keyword yang akan digunakan

Sebuah konten tulisan pasti membutuhkan tema untuk ditulis. Pilih tema yang sesuai dengan konten situs yang dikelola, pilih lah tema-tema menarik yang mampu mendatangkan pembaca. Dengan tema yang menarik juga unik maka akan banyak pembaca yang datang ke situs tersebut.

Setelah menemukan tema yang menarik, tentukan keyword yang akan digunakan. Penggunaan keyword atau kata kunci menentukan SEO sebuah tulisan. Pilihlah kata kunci yang berhubungan dengan tema tulisan dan juga tema dari situs dimana tulisan tersebut akan diunggah atau diedarkan. Sediakan sedikit waktu untuk melakukan "keyword Research" mengenai kata kunci yang dipilih.

Pahami istilah headings

Headings (H1) adalah judul memiliki turunan seperti H2, H3, H4, H5, dan H6 atau sering disebut juga subheadings atau subjudul. Subheading merupakan turunan dari kata kunci utama yang digunakan (H1). Penggunaan subheadings berfungsi sebagai turunan kata kunci yang mendukung kata kunci utama yang dipilih. Penggunaan headings atau subjudul ini biasanya digunakan sampai H4.

Menggunakan subjudul ini berguna untuk memudahkan mesin pencari membaca konten dari tulisan. Apabila subjudul yang dipilih merupakan hubungan dari judul utama maka tulisan akan lebih dikenali oleh mesin pencari dan memudahkan tulisan untuk mendongkrak performa sebuah situs. Meningkatnya sebuah situs maka semakin tinggi juga kesempatan situs untuk dikunjungi semakin banyak pembaca.

Persiapkan minimal 300 kata

Salah satu aturan dalam SEO Friendly adalah dalam satu artikel konten tulisan wajib memuat minimal 300 kata. Minimal dalam 300 kata ini termasuk semua kata yang berada didalam artikel tersebut, termasuk headings dan subheadings.

 Aturan 300 kata yang berada di dalam artikel tersebut harus juga memeperhatikan paragraf didalamnya. Salah satu aturan dalam SEO Friendly untuk paragraf ialah dalam satu paragraf tidak diperbolehkan memiliki lebih dari 6 kalimat dan dalam 1 kalimat terdiri dari maksimal 20 kata tidak lebih. Aturan ini dibuat agar pembaca tidak membaca satu paragraf yang terlalu Panjang.

Gunakan SEO checker

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN