1. Pengertian strategi dakwah dan kontemporerÂ
Strategi dakwah merupakan perpaduan dari perencanaan (planning) dan
management dakwah untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam mencapai tujuan tersebut
strategi dakwah harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara tekhnik
(taktik) harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda
sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi.
2. Strategi dakwahÂ
Terdapat tiga indikator adanya dakwah kontemporer yaitu pertama,Â
- dai kontemporer.
Kemampuan seorang dai dalam menjelaskan persoalan kehidupan masa kini
menjadi tantangan yang luar biasa yang diemban oleh seorang dai. Kaitannya
dengan makanan misalnya, seorang dai harus mampu mendudukkan dan
menemukan titik persoalan terutama yang terkait dengan halal dan baiknya suatu
makanan yang disajikan.
-Â Materi dakwah kontemporer
Materi dakwah kontemporer ini harus dikemas secara rapi dan runtut dalam
menyelesaikan satu persatu persoalan yang muncul dalam kehidupan modern. Materi
dakwah harus langsung menyentuh bidang kehidupan manusia modern, misalnya
kaitannya dengan makanan, pakaian, hiburan dan kepercayaan masyarakat.
- Media dakwah kontemporerÂ
Salah satu strategi yang tepat dilaksanakan dalam menghadapi pola hidup
modern dalam kaitannya dengan penggunaan media dakwah kontemporer adalah
memperbanyak pengenalan tentang tatacara penggunaan media dakwah kepada
seluruh media yang ada,
2. Evaluasi Dan pengembangan program dakwah
- Evaluasi dalam dakwah