Mohon tunggu...
MARISSA
MARISSA Mohon Tunggu... Traveller

Jelajahi Dunia

Selanjutnya

Tutup

Travel

Sehat dan Liburan bersama Mandiri Jogja Marathon

3 Mei 2019   23:58 Diperbarui: 4 Mei 2019   00:01 0 3 0 Mohon Tunggu...
Sehat dan Liburan bersama Mandiri Jogja Marathon
dok. Kompasiana

Sering kita mendengar bahwa di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Terlebih sering pula kita mendengar bahwa kesehatan merupakan suatu hal yang mahal harganya. Karena ketika kita sakit, seenak apapun makanan, sebahagia apapun keadaaan, dan sebanyak apapun yang kita miliki, kita tidak bisa menikmatinya. Inilah sebabnya kenapa olahraga kerap dijadikan salah satu penyemangat untuk tetap menjaga kesehatan, agar tubuh senantiasa kuat dan mempunyai jiwa yang sehat. 

Selain olahraga, traveling pun merupakan kegiatan yang mendukung terciptanya kebahagiaan. Mengunjungi tempat tempat baru, mengenal budaya dan sejarah, dan belajar beradaptasi dengan hal-hal baru.

Pepatah mengatakan, sambil menyelam minum air, atau sekali mendayung dua pulau terlampaui. Ketika kita membahas olahraga dan traveling atau liburan, timbul pertanyaan bisakah kita ketika berolahraga sekaligus menjadi agenda liburan bersama keluarga? atau bisakah kita berlibur sekaligus tetap berolahraga ? atau mungkin adakah acara yang mengkombinasikan kedua kegiatan tersebut dalam waktu bersamaan ?

Mandiri Jogja Marathon..

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sesuai dengan namanya, Mandiri Jogja marathon merupakan wadah sekaligus ajang yang menampung hobby dan mendukung euforia masyarakat tentang olahraga lari  yang diselenggarakan di salahsatu kota yang menjadi tujuan wisata sebagian besar masyarakat yang seringkali menghadirkan kerinduan yang mendalam terhadap kota gudeg ini.

Yogyakarta..bukan hanya terkenal karena makanan khas, wisata, budaya, Mandiri jogja marathon pun salah satu agenda yang sudah tiga kali terselenggara di kota ini. Seperti yang kita lihat, animo masyarakat terhadap olahraga  lari, semakin meningkat peminatnya. Terbukti dari banyaknya event yang menawarkan ajang olahraga lari dalam beberapa kesempatan. Bahkan dalam satu tahun kalender lari, lebih dari puluhan event yang menyuguhkan tawaran lomba lari seperti colour run, family run, sampai virtual run pun kerap menghiasi agenda lari tahunan.

Pada tahun 2019 ini, Mandiri Jogja Marathon telah terselenggara pada hari Minggu tanggal 28 April 2019. Dengan rute yang dilalui para pelari yaitu melintasi 13 desa, dan 3 wisata utama, antara lain Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Monumen Taruma. Dari rute yang dilewati tersebut, kita bisa membayangkan asrinya pemandangan alam desa di Jogja yang masih hijau nan indah, sejuknya angin sepoi di kawasan Candi Prambanan yang masih kental dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, yang tak lupa juga mengingat sejarah perjuangan taruna akademi yang diabadikan dengan didirikannya monumen Taruna yang diresmikan pada tanggal 24 Februari 1977. 

Bukan Jogja namanya, kalau tidak memberikan kenangan dan rasa rindu untuk kembali lagi ke Jogja. Wisata kuliner, wisata alam, wisata belanja, selalu menjadi agenda yang tak pernah membosankan dikota ini. 

Setelah lelah seharian berolahraga mengikuti Mandiri Jogja marathon, kita dapat menyematkan agenda berliburan ke wisata lain yang bisa di eksplore. Candi Ratu Boko salahsatu wisata disekitar Candi Prambanan. Beranjak ke pusat kota Jogja banyak disuguhkan tempat wisata yang sayang kalau untuk dilewatkan. 

Sebut saja jalan malioboro atau pasar beringharjo yang lebih familiar dengan  wisata belanja yang menawarkan ribuan cendera mata dan kuliner yang siap memanjakan wisatawan, Belajar budaya dan sejarah keraton Yogyakarta, serta keindahan pesona dan arsitektur yang khas Istana Taman Sari, Alun-alun kidul yang terkenal dengan dua pohon beringin yang berdiri gagah di tengah alun-alunnya yang konon barang siapa yang bisa melewati kedua pohon tersebut dengan mata tertutup akan menjadi orang yang beruntung dan apa yang diinginkan akan segera terwujud, Taman pintar pun salah satu wisata edukasi pilihan bunda untuk para buah hati, monumen tugu jogja kembali atau yang akrab disebut monjali merupakan salah satu icon kota Jogja yang sangat diminati pengunjung untuk berfoto, dan foto di titik nol kilometer pun tak luput dari destinasi liburan ke Jogja.  

Sore hari pantai parangtritis memanjakan pengunjung dengan sajian nuansa yang syahdu untuk menikmati senja dan melihat indahnya sunset. Dan masih banyak wisata-wisata lain dikota Jogja yang bisa menjadi destinasi liburan akhir tahun bersama pasangan, sahabat, keluarga, atau acara kantor semacam gathering dan wisata lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2