Mohon tunggu...
Zanuar R
Zanuar R Mohon Tunggu... Ucapan akan sirna, namun apa yang ditulis akan abadi

Man Jadda Wajada

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UM Edisi Covid-19 : Sosialisasi Covid-19 Pada Jamaah Tahlil Desa Gadingkulon

20 Juni 2020   22:04 Diperbarui: 21 Juni 2020   22:47 75 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UM Edisi Covid-19 : Sosialisasi Covid-19 Pada Jamaah Tahlil Desa Gadingkulon
Sosialisasi tentang Covid-19 yang disampaikan oleh tim KKN Desa Gadingkulon

Semenjak 29 Mei 2020 lalu, mahasiswa Universitas Negeri Malang telah resmi melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN edisi khusus sebagai solusi pelaksanaan KKN selama masa pandemi.

Prof. Markus Diantoro, selaku Ketua LP2M Universitas Negeri Malang, menjelaskan bahwa KKN kali ini diberi nama "KKN Edisi Covid-19" sedangkan tema yang diangkat adalah "KKN Berbasis Produk Karya Pengabdian". Secara administratif, para mahasiswa nantinya akan ditempatkan di desa. Namun dalam penyelenggaraanya mereka tidak tinggal di desa.

Beliau menambahkan, melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat menciptakan produk-produk yang dapat bermanfaat atau mengedukasi masyarakat sasaran. Selain progam kerja menciptakan produk, progam kerja lain yang dapat dipilih adalah layanan masyarakat. Produk-produk tersebut dikerjakan oleh mahasiswa di rumah masing-masing sesuai kebutuhan lokasi desa penempatan.

KKN Edisi Covid-19 ini terbagi menjadi tiga ragam. Pertama, KKN Malang Raya Edisi Covid-19 yang berlokasi di 126 Desa dari 24 Kecamatan dengan jumlah 2553 mahasiswa. Kedua, KKN Pulang Kampung Edisi Covid-19 yang berlokasi di 71 Desa dari 19 Kabupaten dengan jumlah 1479 mahasiswa. Ketiga, KKN Tematik Progam Studi Edisi Covid-19 yang terdiri dari 42 kelompok dari 4 jurusan dengan jumlah 306 mahasiswa.

Sosialisasi COVID-19 dan Pembagian Masker

Pada 19 Juni 2020, tim KKN Universitas Negeri Malang Desa Gadingkulon melakukan sosialisasi terkait Covid-19 di salah satu rumah warga jamaah tahlil rutin ibu-ibu di dusun Krajan, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Sosialisasi yang merupakan salah satu progam kerja tim KKN Desa Gadingkulon ini disampaikan sebelum pelaksanaan tahlil rutin.

Beberapa anggota tim KKN membantu menyemprotkan handsanitizer kepada para jamaah tahlil yang berdatangan ke lokasi mulai pukul 15.30 WIB. Sebagian besar ibu-ibu jamaah tahlil yang hadir telah memiliki kesadaran untuk menggunakan masker dan menggunakan handsanitizer.

Pemberian handsanitizer kepada jamaah tahlil
Pemberian handsanitizer kepada jamaah tahlil

Kegiatan dibuka oleh Ernesta Purnamarini selaku moderator tepat pukul 15.45 WIB. Mahasiswi jurusan S1 Kimia yang memilki paras anggun ini memulai dengan memperkenalkan tim KKN dan menyampaikan tujuan kedatangan mereka. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi utama oleh Ulayta Effendi, mahasiswi jurusan S1 Pendidikan Bahasa Mandarin.

"Covid adalah Corona Virus Disease 2019 yang mana ini merupakan virus yang baru saja muncul pertama kali di Wuhan Cina pada bulan Desember 2019, semerap ibuk-ibuk?," Ujar Ulayta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN