Mohon tunggu...
Ziyadatul Hikmah
Ziyadatul Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, IPB University

Love nature and young forester.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ini Dia, Manfaat Tumbuhan Putri Malu yang Tidak Banyak Orang Tahu!

13 Agustus 2020   15:09 Diperbarui: 13 Agustus 2020   15:23 123 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia, Manfaat Tumbuhan Putri Malu yang Tidak Banyak Orang Tahu!
Tumbuhan putri malu yang tumbuh liar. Foto: Ziyadatul Hikmah

Putri malu atau tumbuhan perdu pendek yang memiliki nama latin Mimosa pudica L. ternyata  menyimpan manfaat dan khasiat tersendiri bagi kesehatan. Putri malu termasuk famili Mimosaceae dari suku polong-polongan. Nama putri malu dikenal cukup baik di Indonesia, tetapi putri malu juga banyak memiliki nama daerah, seperti di daerah Sunda dikenal dengan nama Rondo Kagit, di Jawa dikenal sebagai Kucingan, yang unik di Manado diberi nama Kaget-kaget karena keunikan yang dimiliki tumbuhan ini, jika Anda mencoba menyentuh daun putri malu, maka daunnya akan kuncup seperti terkaget-kaget. Gerakan menguncupnya daun putri malu akibat sentuhan berdasarkan kutipan situs Wikipedia.com disebut gerak seismonasti (tigmonasti). 

Daun putri malu yang menguncup. Foto: Ziyadatul Hikmah
Daun putri malu yang menguncup. Foto: Ziyadatul Hikmah

Morfologi tumbuhan putri malu

Putri malu memiliki ciri-ciri yang mudah diingat. Bunga berbentuk bulat berwarna pink atau merah muda sangat terlihat mencolok. Putiknya berwarna kuning dan tangkai bunganya berbulu halus. Pada saat matahari terbenam, bunga putri malu terlihat seolah-oleh layu dan mati, tetapi jika terdapat penyinaran matahari kembali bunga putri malu akan mekar. Putri malu juga memiliki duri-duri kecil yang cukup tajam, menutupi seluruh batangnya. Batangnya sedikit berbulu, bulat, dan berwarna coklat kemerahan. Bentuk daun putri malu menyirip dan bertepi rata. Daun berbentuk kecil dan tersusun secara majemuk, berbentuk lonjong serta tata letak anak daun berhadapan (Opposite decussate).

Sedangkan buah putri malu menyerupai kedelai dan berukuran kecil serta berbulu merah. Satu tangkai buahnya memiliki 10-20 buah. Ketika buah masak, bijinya akan pecah dan menghambur ke segala arah. Perakaran tumbuhan putri malu yaitu akar tunggang dan berwarna putih kekuningan. Bau akar putri malu sangat khas, mirip bau buah jengkol.

Habitat dan persebaran tumbuhan putri malu

Tumbuhan putri malu (Mimosa pudica L.) dapat tumbuh dengan baik di segala macam jenis tanah terutama dengan penyinaran matahari sepanjang tahun. Biasanya dijumpai di tempat-tempat terbuka, seperti di pinggir areal persawahan, ladang, tegalan, perkebunan, aliran irigasi dan pinggir jalan. 

Putri malu mampu hidup di ketinggian 1-1200 mdpl yang masih mendapatkan sinar matahari langsung. Putri malu asalnya dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, tetapi sekarang menjadi tanaman pantropical. Terutama karena persebarannya hingga ke negara-negara di Benua Asia seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, India, Bangladesh, dan Jepang. 

Putri malu yang tumbuh liar di lapangan. Foto: Ziyadatul Hikmah
Putri malu yang tumbuh liar di lapangan. Foto: Ziyadatul Hikmah

Manfaat dan khasiat tumbuhan putri malu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x