Mohon tunggu...
Zanuar iqbalfazumi
Zanuar iqbalfazumi Mohon Tunggu... MAHASISWA UNEJ

181910501037

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Review Jurnal Penentuan Alternatif Lokasi Pengembangan Kawasan Agroindustri Berbasis Pertanian Unggulan di Kabupaten Lomongan

21 Juni 2020   21:54 Diperbarui: 21 Juni 2020   21:56 139 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review Jurnal Penentuan Alternatif Lokasi Pengembangan Kawasan Agroindustri Berbasis Pertanian Unggulan di Kabupaten Lomongan
Gambar 1. Pertumbuhan Produksi Padi di Kabupaten Lamongan (Sumber : Kabupaten Lamongan Dalam Angka 2007 dan 2011)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia merupakan negara agraris dengan luas lahan pertanian sangat luas dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Indonesia juga memiliki dengan potensi pertanian yang sangat besar seharusnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dengan meningkatkan sektor pertanian menjadikan sektor industri yang berbasis pertanian atau yang sering disebut Agroindustr. Hal ini juga didukung dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah dan tidak ternilai yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. 

Dengan adanya peningkatan tersebut  akan menambah nilai jual dari hasil pertanian yang awalnya hanya berupa mentahan menjadi produk pertanian jadi dan tentunya memiliki manfaat lebih. 

Namun pada kenyataanya pengembangan agroindustry di Indonesia masih kurang dan masih belum merata sehingga diperlukan dikembangkan lebih lanjut sebagai upaya lebih memakmurkan para petani di Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, suatu wilayah mengalai pertumbuhan serta pekembangan baik dari sisi perkembangan langsung maupun perkembangan secara tidak langsung. Seperti halnya pada perkembangan suatu wilayah secara tidak langsung selalu berkaitan dengan perkembangan ekonomi wilayahnya. 

Pada perkembangan ekonomi peranan indsutri menjadi faktor pendukung utama  dalam pertumbuhan ekonomi pada skala terkecil. Hal ini dikarenakan industri merupakan tempat pengelolaan barang mentah/setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tamabah untuk mendapat keuntungan. 

Pertumbuhan industri biasanya pada kota besar, daerah pinggiran kota, luar daerah yang memiliki potensi sebagai kawasan industri, sehingga dari pertumbuhan industri di setiap wilayah tidak dapat lepas dengan adanya teori lokasi.

Dalam suatu perngembangan wilayah terdapat sektor-sekotr berperan penting sebagai faktor atau pusat dari pertumbuhan. Salah satu sektor tersebut adalah sektor industri dimana pada saat ini pengembangan wilayah serta untuk pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah sektor industri berperan sangat penting. 

Dengan demikian adanya industri disuatu wilayah sangat diperlukan sebagai pengembangan wilayah serta pertumbuhan ekonomi. Sebagai pusat pertumbuhan kawasan industi berfungsi sebagai tarikan dari berbagai kegiatan untuk berlokasi di pusat pertumbuhan yakni kawasan industri yang nantinya dapat mendorong perkembangan tidak hanya sektor perekonomian, namun juga sektor-sektro lainnya.

Teori industri sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tata ruang disuatu wilayah untuk berbagai kegiatan masyarakat. Salah satunya kegiatan perekonomian teori lokasi mempelajari kondisi geografis, mencari lokasi yang berpotensi untuk kegiatan ekonomi, serta mempelajari keterkaitan kegiatan ekonomi dengan usaha/kegiatan lainnya yang ada di satu wilayah. Secara umum dalam pengaplikasian teori lokasi harus dilandasi berberapa faktor, agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi permasalahan dan kegiatan dapat maksimal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN