Mohon tunggu...
Zamhari
Zamhari Mohon Tunggu... Penulis - Internet Marketer

Tinggal di Jogja Mahasiswa Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pakar SEO | Pakar Artikel SEO | Pembicara Internet Marketing

Selanjutnya

Tutup

Money

Kiat Jitu Merintis Pabrik Kaos Dakwah

6 Desember 2019   09:44 Diperbarui: 9 Desember 2019   21:47 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pabrik kaos dakwah masih jarang ditemui. Memang tidak seperti pabrik clothing pada umumnya yang seakan menjamur dimana-mana. Dan dapat dengan mudah kita temui. Untuk kaos dakwah umumnya kita menemukan agen penjualannya saja. Atau bahkan hanya kita temui di event pameran dan online shop. Kaos dakwah merupakan trend yang terbilang baru.

Tren kaos dakwah mulai muncul pada tahun 2007-2008. Mulai banyak digunakan dikampus-kampus sebagai identitas komunitas mahasiswa muslim. Secara tidak langsung menjadi media dakwah di kampus. Pada awalnya desain yang digunakan masih sebatas kegiatan tertentu saja dan terkesan kaku. Tapi kemudian berkembang menjadi semakin variatif seiring banyaknya peminat kaos dakwah.

Trend dan minat inilah yang kemudian oleh pelaku kaos dakwah dikemas dengan baik menjadi produk kaos yang lebih kekinian tanpa mengurangi esensi dakwah itu sendiri. Target pasarnya bukan hanya aktifis kampus tetapi meluas ke kaum milenial muslim. Sebagai muslim tentu bangga mengenakan kaos yang berisi pesan positif sarat nilai agama.

Tidak semua produsen kaos adalah pabrik yang besar dan ternama. Kebanyakan justru berawal dari bisnis kecil. Skala produksi yang masih terbilang sebagai bisnis rumahan.

Hanya melayani pemesanan untuk jumlah tertentu dan kalangan terbatas. Kemudian semakin berkembang karena pemasaran secara tidak langsung seperti cerita testimoni dari mulut ke mulut.

Kiat Jitu Merintis Pabrik Kaos Dakwah

Fokus pada Bisnis yang Dijalankan

Pabrik kaos dakwah bisa dimulai dari merintis bisnis secara mikro terlebih dahulu. Apalagi bagi yang tidak mempunyai budget besar sebagai modal awal. Maksimalkan apa yang sedang dijalankan. Fokus adalah kunci utama dari besarnya sebuah bisnis yang kecil. Contohnya Sritex, bermula dari pedagang kain di kios pasar klewer menjadi pabrik tekstil besar.

Semula hanya reseller yang mengambil barang dagangan dari orang lain, kemudian mulai mendirikan pabrik kecil dengan karyawan 4 orang. Sekarang omset pertahunnya mencapai lebih dari 19 triliyun rupiah. Bermula dari bisnis kecil sebagai penjual kaos dakwah, lalu fokus dan dijalankan terus menerus. Penjual kecil akan menjadi pabrik kaos dakwah yang besar.

Fokus pada bisnis kaos dakwah, artinya Anda akan banyak menemukan ide-ide baru untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas terutama pada desain kaos. Pengelolaan perusahaan yang sedang Anda bangun juga lebih maksimal. Mengenai alur keluar masuknya uang, bahan baku, mengelola gaji karyawan, sistem produksi sampai pemasaran bisa dengan mudah Anda pantau.

Bisnis kecil yang dikelola dengan baik akan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor baru. Karena sudah memiliki ciri khas, identitas yang lekat pada brand yang dibawa. Kaos dakwah adalah produk yang memiliki keunikan tersendiri. Sangat berbeda dengan kaos distro pada umumnya. Tinggal dimaksimalkan pada variasi desain, motif, jenis bahan dan promosi.

Kepercayaan Pelanggan Berpengaruh pada Berkembangnya Pabrik Kaos Dakwah

Konsumen adalah penentu berjalannya sebuah bisnis. Entah bisnis skala besar maupun rumahan. Dari konsumen kita akan mengetahui tren minat, daya beli dan persaingan di pasar. Maka menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagaimana cara mempertahankan loyalitas konsumen. Kualitas produk, desain yang kekinian dan harga yang sesuai umumnya menjadi pertimbangan konsumen membeli produk.

Ketika konsumen merasa puas pada saat pembelian pertama, pastinya akan ada repeat order. Disamping itu konsumen akan memberikan testimoni, baik secara langsung bercerita di depan orang sekitar atau ditulis melalui media sosial. Bisa cerita mengenai produk yang berkualitas, pelayanan yang ramah dan cepat, ataupun produsen yang kreatif dalam membuat desain.

Berasal dari cerita orang-orang yang sudah lebih dulu menjadi konsumen. Menceritakan atau merekomendasikan kaos dari produsen tersebut kepada orang disekitarnya. Hal yang sama kemudian diikuti oleh orang lain, begitu seterusnya. Fenomena semacam ini menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang secara tidak langsung akan meningkatkan permintaaan.

Seiring meningkatnya permintaan terhadap kaos dakwah. Usaha yang semula berskala kecil dengan omset tidak lebih dari 200 jt per bulannya, akan menjadi besar. Produsen akan mengikuti trend yang sedang berkembang. Menyesuaikan permintaan pasar dengan meningkatkan jumlah produksinya. Peningkatan ini yang akan mendorong bisnis kecil menjadi sebuah pabrik kaos dakwah yang besar.

Kreatifitas dan Inovasi Berpengaruh pada Eksistensi Pabrik Kaos Dakwah

Bisnis itu dinamis. Banyak bermunculan setiap hari, banyak yang masih bertahan, tetapi banyak juga yang tenggelam. Proses seleksi alam tidak bisa dihindari. Banyak bisnis kecil bermunculan setiap hari, ada yang bertahan, ada pula bisnis besar yang tenggelam. Kemampuan bertahan suatu bisnis menghadapi persaingan dari segala sisi menentukan eksistensinya.

Inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan supaya bisnis kecil mampu bertahan ditengah persaingan. Kemampuan bertahan ini yang akan menjadikan bisnis menjadi besar. Dari semula hanya penjual kaos dakwah menjadi pabrik kaos dakwah ternama.  Tentu saja hal ini sangat memuaskan sekali!

Kreatifitas yaitu cara atau ide baru dalam berbisnis. Mencakup semua lini mulai dari desain produk, proses produksi, sampai proses pemasaran. Desain kaos dakwah yang selalu baru dan berbeda, banyak diminati karena orang lebih suka tampil beda. Sistem pemasaran yang berbeda dari yang sudah ada juga berpengaruh pada eksistensi bisnis.

Inovasi adalah solusi terhadap ide kreatif yang ada. Bagaimana cara merealisasikan ide dengan materi dan bahan yang dimiliki sebuah perusahaan kecil. Maksimalkan modal, sarana dan prasaran yang ada sebagai langkah berinovasi. Cari info sebanyak-banyaknya, bisa dengan melakukan studi banding ke perusahaan yang lebih besar, tiru dan modifikasi langkah inovasi mereka.

Strategi Pemasaran Sebagai Ujung Tombak Bisnis

Jumlah produksi harus diimbangi dengan angka penjualan. Bisnis kaos dakwah skala rumahan memerlukan strategi pemasaran yang baik agar bisa bertahan, berkembang menjadi pabrik kaos dakwah yang stabil. Perlu sekali diperhitungkan biaya produksi sampai pemasaran dan keuntungan penjualan yang diperoleh, supaya keuangan perusahaan tetap sehat.

Tentukan target pasar untuk kaos dakwah. Perhatikan aspek demografi seperti kepadatan penduduk, rentang usia, pendidikan dan agama. Kaos dakwah tentu menyasar orang-orang yang beragama muslim. Akan lebih tepat sasaran apabila kita melakukan promosi dan pemasaran di daerah yang mayoritas masyarakatnya muslim. Sebab pada kenyataannya di lapangan, pasar itu sangat heterogen.

Tingkat penghasilan juga mempengaruhi daya beli masyarakat. Produsen kaos tentu memiliki range harga bervariatif. Ini bisa menjadi acuan dalam segi pemasaran. Jangan memaksakan menjual kaos dengan harga tinggi di tengah masyarakat berdaya beli rendah, meskipun kualitas yang ditawarkan sangat sesuai. Kurang efisien dari segi biaya pemasaran dan tidak tepat sasaran.

Tujuan promosi dan pemasaran adalah meningkatnya angka penjualan, yang kemudian berpengaruh pada profit perusahaan. Profit ini kemudian diputar kembali demi perkembangan dan eksistensi bisnis. Pelaku bisnis kecil kaos dakwah perlu sedikit bekerja keras mempertahankan fokus usaha, kepercayaan konsumen, inovasi, kreatifitas dan pemasaran jitu supaya tumbuh menjadi produsen kaos dakwah yang hebat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun