Mohon tunggu...
Zalfa Farid
Zalfa Farid Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030066)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030066)

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Mugwort, Bahan Alami Dalam Pembuatan Skincare!

21 Juni 2021   14:24 Diperbarui: 21 Juni 2021   15:47 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mugwort, Bahan Alami Dalam Pembuatan Skincare!
sumber: glitzmedia.co

Saat ini antusias masyarakat dalam dunia perawatan kecantikan sudah berkembang pesat. Beragam inovasi dalam pembuatan produk kecantikan pun terus bermunculan.

Banyak konsumen yang lebih memilih untuk menggunakan produk kecantikan berbahan dasar alami seperti ekstrak tumbuhan-tumbuhan. Dan tanaman mugwort berhasil mencuri perhatian para beauty enthusiast, nih.

Oleh karena itu, mugwort menjadi salah satu tanaman yang paling dicari industri kecantikan untuk dijadikan bahan dasar utama pembuatan skincare. Kalian pasti penasaran jenis tanaman apakah mugwort itu?.

Jadi mugwort atau yang memiliki nama latin Artemisia vulgaris L ini merupakan jenis tanaman dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Eropa Utara, Asia, dan dapat ditemukan pula di Amerika bagian utara.

Mugwort dapat tumbuh setinggi 4 hingga 6 kaki. Batangnya berwarna coklat kemerahan dan daunnya berasa pahit. Tanaman ini juga memiliki bunga yang akan mekar di musim panas berwarna oranye atau kuning.

Awalnya, banyak orang yang mengira bahwa tanaman ini adalah kenikir karena bentuk daunnya yang mirip. Faktanya, tanaman ini merupakan gulma yang sudah sejak dulu dijadikan sebagai bahan makanan, olahan herbal, dan bahkan bahan dasar dalam pembuatan bir.

Mugwort memiliki kandungan antioksidan tinggi yang tentunya baik untuk kesehatan. Mugwort dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, meredakan nyeri sendi, meningkatkan sirkulasi darah dan bahkan digunakan untuk meredakan nyeri haid bagi wanita.

Dalam praktek pengobatan tradisional, daun mugwort biasanya akan dibakar terlebih dahulu baru kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit untuk meredakan nyeri. Atau bisa juga diolah menjadi minuman herbal  dengan cara diseduh seperti membuat teh.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mugwort memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lantas menjadikan tanaman ini digemari sebagai bahan utama dalam produk perawatan kulit. Terutama bagi industri kecantikan di Korea.

Di korea sendiri tanaman mugwort lebih dikenal dengan nama ssuk. Tanaman tradisional ini dipercaya kuat memiliki khasiat yang ampuh untuk membantu meningkatkan kilau pada kulit. Wah keren ya ?. Siapa sih yang nggak pengen memiliki kulit glowing ala orang-orang korea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x