Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Kurma Artikel Utama

Fiksi Ramadan: Air di Bukit Batu

10 Mei 2021   17:07 Diperbarui: 12 Mei 2021   22:04 1377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang lelaki (sumber gambar: pixabay.com)

Setelah suaminya tak lagi mampu bekerja. Setelah jatuh dari pohon kelapa. Empat tahun lalu. Hasna harus berjuang untuk menghidupi keluarga.

Jika sebelumnya, Hasnah yang membuat minyak kelapa. Sejak cedera, suaminya yang ambil alih. Hasnah memiih berjualan pisang bakar. Tetap di rumah, dan buka sesudah salat asar,

***

Sebelum kau bingung dengan ceritaku, dan mulai bertanya-tanya, kenapa aku tahu kisah itu. Jadi, kuanggap penting untuk menjelaskan padamu.

Begini. Amir yang menemui ajal setelah pulang dari salat zuhur, di saat Ramadan dan sedang berpuasa itu adalah ayahku.

Hasnah itu Ibuku. Ia menjadi janda pada bulan puasa. Saat berpuasa. Sebab Ia Istri Amir.

Dua minggu setelah peristiwa kematian Ayah, Ibu mengajakku pindah rumah. Aku tak tahu penyebab atau alasan pindah rumah.

Aku masih mengingat wajah ibu, malam sebelum kepindahan itu, setelah menerima dua orang yang datang bertamu. Ibu menemuiku di kamar.

"Truknya tak ketemu, Nak!"

Aku melihat air mata ibu sebelum memelukku. Juga merasakan kepala belakangku diusap pelan. Bukan jemari ibu. Tapi sebuah amplop berwarna putih yang sejak tadi dipegang ibu.

Kau harus tahu. Semua kejadian itu, tujuh belas tahun lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun