Mohon tunggu...
Zaki Mubarak
Zaki Mubarak Mohon Tunggu... Dosen -

Saya adalah Pemerhati Pendidikan tinggal di Tasikmalaya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Merdeka Agama dan Akademik

14 Agustus 2017   07:34 Diperbarui: 14 Agustus 2017   09:22 1170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kemerdekaan dalam bernegara adalah satu bagian saja dalam kehidupan kita. Ia merupakan momen dimana negara kita terbebas dalam belenggu penjajahan. Rasa syukur atasnya harus diaktualisasikan atas karya mandiri untuk bangsa. Karya yang dapat menjadikan bangsa kita menjadi bangsa yang terhormat, bukan saja terhormat dalam dimensi sosial global namun juga terhormat dalam dimensi ketuhanan-transendental. Kemerdekaan bukan hanya masalah perjuangan, namun di sana ada dimensi spiritual yang mendorongnya. "Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa ..."

Untuk mengaktualkan diri dalam kemerdekaan, seyogyanya sebagai guru, kita harus memahami kemerdekaan dalam dua pandangan penting; Agama dan akademik. Pandangan itu dapat menolong kita dalam memahami kemerdekaan dalam kehidupan yang panjang. Padangan itu juga dapat merubah mindset visi kehidupan akademik kita agar lebih bermakna, dan tentu saja lebih bernilai.

Kemerdekaan Agama

Agama derivasi dari dua kata "A" dengan makna "tidak" dan "gama" berarti "kacau". Jadi secara sederhana Agama adalah instrumen (alat) untuk manusia agat tidak mengalami kekacauan. Jadi tidaklah heran bila agama memiliki konsep yang manusiawi dan sangat lengkap. Lebih lengkap dari Undang-undang negara. Agama menjelaskan aturan manusia dari mulai lahir hingga meninggal bahkan kabar peristiwa ketika sudah meninggal. Ia berisi dari bagaimana kita melakukan perkawinan sampai masuk WC. Mulai dari makan hingga tidur. Ia sangat komplit dan prosedural.

Kemerdekaan agama tidak diartikan sebagai kemerdekaan memilih dan memilah agama. Kemerdekaan agama adalah tunduk patuh terhadap ajarannya. Karena agama bersifat ketuhanan, maka di dalamnya bersifat dogmatis dan taken for granted. Sebagian besar ajarannya statis (qot'i) dan harus diterima apa adanya tanpa inovasi dan karya mandiri, walaupun dalam beberapa hal bersifat dinamis dan menerima pengembangan lebih lanjut (donni). Tunduk terhadap dogma dan hati-hati terhadap implementasinya adalah indikasi kemerdekaan agama.

Beberapa indikator kemerdekaan agama dalam Islam. Pertama merdeka dalam kehidupan duniawi. Konsep dasarnya adalah zuhud. Hal yang bersifat duniawi-materi tidak menjadi ukuran walaupun tidak harus ditinggalkan. Dunia cukup sampai di "tangan" tidak usah di masukan dalam "hati". Manusia boleh memiliki dunia-materi tetapi tidak menjadikannya lupa atas tujuan ibadahnya. Duniawi-materi hanya sebagai modal untuk ibadah ghoer mahdhoh (ibadah sosial) yang menjadi pelengkap ibadah mahdhoh (ibadah spiritual).

Kedua merdeka dalam kejahatan, baik kejahatan kemanusiaan atau kejahatan alam yang lebih luas. Surga-neraka adalah instrumen penting dalam membantu manusia untuk tidak melakukan kejahatan. Mereka adalah reward and punishment yang didesain Allah agar manusia menjadi mahluk yang baik. Namun, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah bukan hanya takut akan surga dan neraka tetapi lebih kepada takut kepada Allah. Mengetahui (makrifat) kepada Allah adalah akhir dari perjalanan manusia dengan Tuhannya. Dzikir dan berbuat amal baik sebagai "jalannya" (suluk) adalah untuk menggapai makrifat kepada Allah. Ketika makrifat itu sudah didapatkan, surga-neraka bukanlah bagian penting untuk meninggalkan kejahatan, tapi Allahlah segalanya.

Ketiga merdeka dalam egoisme. Hal yang paling banyak ditemui dalam kelalaian diri manusia adalah egoisme. Manusia yang paling tinggi derajatnya adalah mereka yang tawadhu, rendah hati. Ia sadar akan kemampuan diri yang tidak seberapa di banding Sang Kholik. Ia juga sadar ilmu yang dimilikinya hanya sebutir debu yang diberikan oleh Tuhannya. Ia sadar bahwa dirinya memiliki plus minus dan tidak berada di atas mahluk lainnya. Ia hanya ditakdirkan untuk berada di titik saat ini karena rahmat dan taufik-Nya, yang mana suatu saat bisa dicabut dan dihinakan-Nya. Tidak ada yang "lebih" dalam dirinya, jadi tidak ada alasan untuk menunjukan "kelebihan" dirinya atas orang lain, apalagi dengan Tuhannya.

Kemerdekaan Akademik

Kemerdekaan ini khusus untuk para akademisi. Mereka adalah para pemikir dan pejuang pendidikan. Mereka adalah manusia yang diberikan keberuntungan berupa akal dan pikiran yang baik melebihi lainnya. Mereka adalah panji pemegang ilmu dan penyebarnya. Mereka adalah simbol pengetahuan dan penerang jalan yang dibutuhkan manusia. Mereka benar-benar yang paling penting dalam kebhidupan, baik sosial maupun spiritual.

Berbeda dengan kemerdekaan Agama yang tunduk (submission), kemerdekaan bagi kaum ini adalah kemerdekaan berpikir. Merdeka untuk senantiasa menggunakan akal dan ilmunya untuk dapat bersenyawa dalam sebuah karya. Karya berupa pengembangan ilmu pengetahuan yang membantu manusia dalam kehidupannya. Itu dapat dituliskan dalam sebuah karya akademik yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi atau berbentuk karya produk yang berdaya guna dalam kehidupan manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun