Mohon tunggu...
Zainurrohmah
Zainurrohmah Mohon Tunggu... Penulis - Catatan Mahza

Bukan siapa-siapa. Sekadar hobi untuk healing. Kritik dan saran monggo... Maturnuwun...

Selanjutnya

Tutup

Diary

30 Hari Menulis Cerita Bersambung Langsung Terbit, Bagaimana Caranya?

15 Februari 2022   08:35 Diperbarui: 15 Februari 2022   08:59 1098
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler


Assalamu'alaikum Wr. Wb
Bagaimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya, Amin... Jangan lupa tetap jaga kesehatan, karena kesehatan itu nomor 1.


Oke, langsung saja ya...
Sebelum cerita bagaimana proses mengikuti tantangan menulis selama 30 hari, Pernah mendengar kalimat ini? "Mimpi yang ditulis memiliki peluang lebih cepat terwujud daripada yang tidak ditulis"?

Sepakatkah man-teman? Kalau saya, saya percaya sih. Ya, tapi kembali ya semua yang terjadi adalah kuasa Allah. 😊😊😊

Dulu saya pernah menulis impian, ada beberapa impian yang saya tulis salah satunya ingin menerbitkan sebuah buku. Salah satunya saja ya, karena memang impian saya saat itu ada beberapa. Saat itu, memang masih bingung, "Apakah saya bisa?", "Terus saya harus mulai dari mana?"

Suka tapi belum bisa mengembangkan. Ada ketertarikan, tetapi tidak tahu harus bagaimana. Akibatnya hanya memiliki coretan-coretan yang entah tiada ujungnya dan tidak terarah. Numpuk di kertas dan buku.


Alih-alih demikian, saya memanfaatkan sosial media untuk mencari pengetahuan tentang kepenulisan. Saya menambah pertemanan dengan Penerbit-penerbit, Penulis, bahkan bergabung di grup-grup kepenulisan, ya semuanya saya lakukan karena ingin mencari peluang.

Singkat cerita, entah sejak kapan saya berteman dengan Penerbit tersebut. Namanya Penerbit Lovrinz. Penerbit yang berdomisili di Cirebon, yang memiliki ciri khas warna pink dan toska itu sering muncul di beranda. Saya ngehnya malah ketika hari ulang tahun dan ada pesan masuk dari Penerbit tersebut. Hehe... Merasa istimewa dong, iya 'kan? Dari penerbit gitu loh. 😃


Hingga pada suatu saat, saya melihat sebuah event atau Parade menulis dengan judul Parade Batch 01. Namun, ketika melihat informasi tersebut parade sudah berlangsung. Parade menulis di sana maksudnya adalah sebuah event menulis yang diperuntukkan kepada siapa saja yang berkeinginan menerbitkan buku. Bagi siapa saja yang mau asalkan mau belajar dan konsisten untuk menulis selama event berlangsung.

Sebagai orang yang memang ada ketertarikan dengan dunia itu, saya penasaran dong... "Ini apa ya?"
Dalam hati seakan tumbuh rasa penasaran yang menggebu. Saya mencoba membuka beranda dan grup Lovrinz. Setiap hari postingannya menarik dan di grup Komunitas sendiri ada banyak sekali anggotanya, dari berbagai daerah.

Setelah mengamati perjalanan Parade Batch 01, mulai membaca beberapa tulisan anggota grup dan peserta parade, lama kelamaan ada sebuah keinginan dan harapan besar untuk mengikuti Parade berikutnya. Hingga suatu ketika, akhir bulan Juni tahun 2020 saya melihat pengumuman Parade Batch 02, ya meskipun pendaftaran hampir ditutup dan baru saja saya melihat pengumumannya setelah tinggal beberapa jam lagi pendaftaran ditutup. Tanpa panjang lebar, malam itu juga saya memutuskan untuk daftar dan mengirimkan sebuah Premis.

Ada beberapa genre pilihan, saya memilih genre romance, dan entah karena apa tiba-tiba saya pengen nulis judul Hati yang Terpilih, seakan penuh semangat dan yang ada saat itu, adalah sebuah harapan besar muncul bahwa sebentar lagi impian bisa menerbitkan buku itu bisa segera terwujudkan. Semoga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun