Mohon tunggu...
Zainuri michel
Zainuri michel Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Memahami Filsafat Pendidikan Aliran Realisme beserta Tokoh-tokohnya

9 April 2020   15:32 Diperbarui: 9 April 2020   15:39 11 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah di kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang filsafat pendidikan realisme beserta tokoh-tokohnya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang membaca nya

*A. Pengertian realisme*

Realisme ialah aliran dalam filsafat yang mengedepankan kebenaran melalui Indra. Aliran ini bertolak belakang dengan aliran idealisme yang mengutamakan kebenaran melalui ide atau gagasan. Dalam perspektif (pandangan) epistemologi aliran realisme menyatakan bahwa pemahaman subjek itu ditentukan oleh objeknya. Aliran realisme beranggapan bahwa pengetahuan seseorang itu ditentukan oleh apa yang dilihatnya melalui sensasi dan abstraksi.

Aliran realisme dalam pendidikan dimaksudkan sebagai pembelajaran atau kajian-kajian disiplin keilmuan melalui pemahaman dalam materi, mendapatkan definisi definisi, dan pengklasifikasian. Contohnya seorang guru mendemonstrasikan praktikum di laboratorium cara ini efektif untuk siswa yang melihat seorang guru dalam penyampaian dalam praktikum tersebut.

*B. Tokoh-tokoh aliran realisme*

1.Aristoteles
Aristoteles ialah seorang murid dari Plato yang mempunyai pikiran kritis dan sangat besar cintanya pada kebenaran. pandangan Plato memandang filosofi nya tentang adanya sesuatu yang ada dan tidak ada, disini Aristoteles melengkapi pandangan dari Plato bahwa seseorang berpotensi mengembangkan ideanya dipengaruhi oleh penglihatan, experience, dan pengertian pengertian, sehingga idea dan realitas segala yang menyatu dalam suatu terminologi filosofis.

2. Fransis bacon
Pandangan menurut francis bacon kebenaran pengetahuan adalah pengetahuan yang diterima oleh orang itu lewat indrawi dan dunia fakta. Pengalaman ialah Sember pengetahuan yang sejati.

3.john Locke
Beranggapan bahwa seluruh pengetahuan berasal dari pengalaman dan apa yang kita ketahui dari pengalaman tersebut melalui panca indera kita

4.john Amos Comenius
Berpandangan bahwa manusia harus mempunyai 2 tujuan yaitu harus mendapatkan keselamatan dalam dunia dan harus mendapatkan kedamaian dan ketentraman dalam hidup. Jhon Amos camonius seorang pemikir pendidikan yang beranggapan bahwa dalam dunia pendidikan harus seragam.

5. Galileo
Galileo ialah seorang ilmuwan astronomi, filsuf, dan fisikiawan yang mempunyai pemikiran pemikiran bagi kehidupan. Cara pandang dari Galileo terhadap pengetahuan ini tidak mempercayai hal-hal yang ghaib atau mistis

6. David Hume
Beranggapan bahwa sumber pengetahuan manusia itu berasal dari pengalaman melaui Indra .

8. William James
 Seorang filsuf yang terkenal dari Amerika serikat dan terkenal juga sebagai seorang psikolog. James menyatakan bahwa kesadaran adalah sesuatu yang berasal dari pengalaman yang murni. James menolak kebenaran yang mutlak dan yang umum karena menurut nya bahwa kebenaran itu dapat dirubah melalui pengalaman yang murni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN