Mohon tunggu...
Zainabcanu Canu
Zainabcanu Canu Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Penikmat kopi _ baca buku_fashion

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Olahraga Membuatmu Awet Muda dan Cantik

28 Januari 2020   19:27 Diperbarui: 28 Januari 2020   20:01 59 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mens sana in corpore sano  atau A sound mind and a healthy body ''pikiran yang sehat di dalam tubuh yang kuat''. pribahasa diatas adalah pengantar yang pas untuk judul konten ini. bagi kebanyakan orang olahraga hanya sekedar olah tubuh atau kegiatan kardiovaskuler, seperti lari, berenang, angkat beban,  aerobic, Zumba dsb tujuannya hanya untuk mendapatkan tubuh yang sexy, lansing dan enak dipandang, sedikit dari mereka yang berorientasi terhadap fungsi dan mekanisme olaraga itu sendiri untuk kesehatan pikiran dan tubuh, padahal tanpa mereka sadari rutinitas olaraga yang mereka lakukan menguntungkan bagi kedua dimensi itu, yaitu dimensi otak dan tubuh.

Manfaat Berolaraga ibarat kita sekali mendayung dua atau tiga pulau yang telampaui, sekali tepuk dua lalat mati artinya ''sekali melakukan pekerjaan mendapatkan beberapa hasil dan keuntungan sekaligus''. Olahraga itu sendiri merupakan bagian dari Pendidikan jasmani dan itu adalah perintah nabi SAW '' orang mukmin yang kuat lebih dicintai oleh Allah ketimbang orang mukmin yang lemah'' (abu hurairo), ''berlari-lari kecillah kamu untuk menunjukan kekuatan terhadap kaum musyrikin'' (bukhori). Jelas bukan bahwa ini adalah perintah nabi !!! bukan hanya dua dimensi yang kamu dapatkan tapi tiga sekaligus yaitu pahala karna kamu melakukan sunnahnya, dan tentu saja semua ini tidak terlepas dari niat sebab ''innamal a'malu binniyat/amal seseorang tergantung niat'' ya tips dari penulis usahakan sebelum memulai berolaraga berniat untuk mendapatkan ketiganya dan insyaallah hasilnya seperti pribahasa diatas.

Saya pribadi merasakan manfaat yang begitu besar dari aktivitas olaraga, tubuh saya fit, kurang lebih 5 tahun terakhir sejak saya memulai olahraga saya gak perna sakit "Alhamdulillah", peningkatan mood yang luar biasa sebab saya orang yang moody, paradigma saya lebih fleksible, proposional dan objektif dulunya sy termasuk orang yang saklek dalam memandang segala sesuatu, pencapaian target lebih sistemis, terarah, peningkatan kognitif. jujur otak saya merasa lebih tajam, mudah mencernah dan memahami banyak hal,dan tentunya melatih kedisiplinan.

Usia kita semakin hari semakin bertambah, alias menua dan pada waktunya kita akan berada di usia senior yakni menopause/lansia, ya ini adalah hukum alam suatu keniscayaan dan mutlak bakal terjadi pada semua orang sehingga banyak orang yang punya obsesi gak mw tua' berbondong-bondong membeli produk anti aging yang dapat membuat mereka terus awet muda, keyakinan terhadap suatu merk/produk iklan membuat mereka melupakan fungsi dan manfaat besar terhadap tubuh itu sendiri.  dalam hal apapun terutama untuk penerapan diri meskipun untuk sekedar persoalan ''cantik atau terlihat awet muda'' tentunya wajib bagi setiap orang mengedukasi dirinya untuk menjadi produktif dan inovatif  sehingga kita terhindar dari perilaku konsumtif,yang mudah diiming-imingi dan percaya iklan produk, ini adalah sebuah ''paradoks'' di era yang serba digital seharusnya mempermudah untuk mengakses informasi dan belajar banyak hal tapi justru sebaliknya, realitasnya orang2 lebih berperilaku apatis, serba instan tanpa melakukan langkah nyata apapun.

Olahraga mampu memperlambat penuaan hanya butuh kesiapan mental, kesadaran diri dan disiplin waktu, dengan begitu kita mendapatkan yang Namanya "anti aging alami''. Plato dalam ungkapannya ''kurangnya aktifitas merusak kesehatan setiap manusia sedangkan gerakan dan latihan fisik secara teratur akan menyelamatkan dan melestarikannya. Olahraga adalah obat yang terbaik, setiap cairan, organ dan system tubuh mulai bekerja dengan lebih efisien, olahraga menghasilkan dan mempertahankan bobot tubuh pada kisaran ideal dan menjaga kadar insulin untuk tetap normal dan tidak melonjak. 

Coba kita pikirkan setiap kali memulai aktivitas olaraga hampir semua orang tidak merasa senang berolaraga ( sy sendiri merasakan itu), tapi semua orang menyukai perasaan yang muncul setelah berolaraga itu disebabkan karna ada rangsangan terhadap reseptor hormon endorphin ( zat penghilang rasa sakit dan penimbul rasa senang alami), pelepasan endorphin tersebut berpengaruh pada kondisi psikologis  yaitu menurunkan stress dan menjadi obat antidepresi alami. 

olaraga melejitkan kadar hormone yang mengatur fungsi tubuh agar berjalan dengan baik terutama meningkatkan kadar hormone HGH ( hight growt hormone/ hormon pertumbuhan) hormone ini disebut the mother of hormone atau ibunya hormone yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel, meregenarasi dan mereproduksi sel, hormone ini berperan untuk mengatur pertumbuhan tulang, otot dan proses pembakaran lemak sebab hormone ini bersifat anabolic terhadap  otot dan bersifat katabolic terhadap pembentukan lemak tubuh artinya HGH memiliki efek pembentukan otot yang kuat dan pembakaran lemak di tubuh dan hormone ini hanya berperan pada saat kita melakukan aktivitas olaraga dengan intensitas yang tinggi.
Semakin bertambah usia, metabolisme semakin berkurang otomatis fungsi tubuh dan imune kita semakin menurun dan semakin muda terserang berbagai penyakit kronik. 

Penting untuk tau bahwa Usia kita terbagi menjadi tiga, yang pertama usia kronologis yaitu dihitung sejak lahir, usia ini akan terus berlanjut dan tidak bisa ditekan, kedua usia biologis/sel yaitu usia tubuh, usia  ini bersifat fleksible bisa lebih mudah atau lebih tua dari usia kronologi kita contoh : usia 40 tahun tapi usia biologis 17 tahun, orang seperti ini terlihat awet mudah bahkan terlihat 10 tahun lebih mudah dari usianya ( rutin berolaraga ) atau sebaliknya usia kronologi 17 tahun tapi usia sel 40 tahun otomatis dy pasti terlihat tua dari usianya ( malas berolaraga  ). Dan yang ketiga adalah usia psikologis ini yang penting bagaimana kita memaknai hidup, bagaimana konsep diri kita, sejauh apa kesadaran diri kita dalam menjalani hidup, bagaimana kita memperlakukan hak tubuh kita ??? mungkin kamu pernah bertemu dengan orang dewasa yang kekanak-kanakan atau istilah saya anak kecil yang berada di tubuh orang dewasa ini tanda bahwa usia psikologisnya belum matang ( dalam hal ini sy tidak berfokus membahas aspek ini, mungkin topik berikutnya ).

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai meskipun di usia tua, Penelitian  Dr jochanan stessman '' meskipun ada kecendrungan peningkatan komorbiditas ( munculnya lebih dari satu penyakit pada diri seseorang ), ketergantungan obat, kelemahan fisik tetapi mereka mau memulai aktifitas fisik memiliki peluang lebih besar untuk sembuh dan hidup lebih lama serta pengaruhnya terhadap kesehatan luar biasa, mereka lebih mudah melakukan pekerjaan sehari-hari dan hidup mandiri dengan rekan sebayanya, penelitian ini dilakukan dengan kelompok usia dewasa yang aktif, dan setelah penelitian ini di publish kesehatan masyarakat di jerussalem meningkat pesat.

Sekali lagi sy tekankan dari penelitian tersebut membuktikan system biologis perlu dirangsang dengan gerakan yg aktif ibarat mesin akan lebih baik jika sering digunakan, bayangkan kondisi mobil yang dibiarkan selama setahun atau selama sebulan tanpa dipanaskan dan digerakkan mobil itu pasti akan rusak, dan mesinnya berkarat  sebab mobil dirancang dengan bagian2 yang perlu bergerak, tubuh kita pun demikin, ada bagian2 yang perlu bergerak agar berfungsi optimal. 

tubuhpun bisa berkarat sebab cedera oksidatif karna malas bergerak. Pada intinya usia sel/biologis bisa mudah kembali dengan rutin berolaraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan