Mohon tunggu...
Zahranissa HasyaAsmihusna
Zahranissa HasyaAsmihusna Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas pendidikan indonesia

essai tentang abad 21

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang Inovasi Pendidikan

18 Mei 2022   23:17 Diperbarui: 18 Mei 2022   23:21 179 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Era persaingan globalmenuntut pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang mampu menjawab tantangan perubahan dan yang mampu mem-bawa perubahan dalam berbagai dimensi kehidupan. 

Pendidikan adalah salah satu sistem dalam masyarakat yang mempunyai peran signifikan dalam memberikan alternatif solusi bagi persoalan sosial kemasyarakatan. 

Kemajuan dalam pengelolaan pendi-dikan juga merupakan indikator kemampuan dan komitmen suatu negara dalam menjamin kualitas sumber daya manusianya. Oleh karena itu, pengelolaan pendidikan yang efektif dan efisien harus menjadi komitmen bersama dalam segala upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Sehubungan dengan upaya terse-but, berbagai kecenderungan (trend) atau arah mutakhir pemikiran tentang pendidikan menunjukkan bahwa para-digma pendidikan berbasis standar (standard based education) semakin banyak dibicarakan, diakui dan diap-resiasi oleh berbagai kalangan. 

Hal itu akan semakin terasa bagi sejumlah kalangan yang menggeluti dunia pendidikan, baik akademisi pendidi-kan maupun pengelola dan penyelenggara pendidikan. 

Dalam konteks globalisasi dan internasionalisasi yang semakin menguat, paradigma pendidikan berbasis standar telah banyak dipakai atau diterapkan oleh berbagai negara (Saukah, 2010).

Pendidikan berkualitas memerlukan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Menurut Mulyasa (2003: 49) sarana pendidikan menurpakan fasilitas yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai, seperti gedung kelas, meja, kursi, dan alat -- alat pengajaran. 

Sementara prasarana pendidikan merupakan segala sesuatu yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan, seperti kebun, halaman, taman sekolah, dan jalan menuju sekolah. 

Oleh karena itu sarana dan prasaraa pendidikan adalah satu kesatuan pendukung terlaksanakannya proses belajar dan mengajar dengan baik dan optimal.

Kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai akan mampu memberikan stimulus kepada pelaksana pendidikan dan sasaran pendidikan. Dorongan dan ketertarikan kuat siswa terhadap kelengkapan kualitas sarana dan prasarana akan sangat mampu mendongkrak ketertinggalan pendidikan di sekolah. 

Tetapi secara nyata keadaan sarana pendidikan yang ada di negara kita jika diukur dengan pemenuhan Sarana Prasarana sekolah sesuai amanah undang - undang masih sangat jauh dari kesempurnaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan