Mohon tunggu...
Zahranissa HasyaAsmihusna
Zahranissa HasyaAsmihusna Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas pendidikan indonesia

essai tentang abad 21

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Model Pengelolaan Pendidikan di Masa Pandemi

23 Maret 2022   22:38 Diperbarui: 23 Maret 2022   22:49 115 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Inovasi pendidikan merupakan salah satu jenis inovasi yang bergerak dibidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu sistem, maka inovasi mencakup hal -hal yag berhubungan dengan komponen sistem pendidikan, baik sistem dalam arti sekolah, maupun sistem dalam arti yang luas misalnya sistem pendidikan nasional.

Model pembelajaran di abad ke-21 ini banyak melibatkan komponen baru seperti penggunakan ICT dalam proses belajar mengajarnya. Pandemi ini sangat berdampak pada proses belajar mengajar disekolah, dimana banyak sekolah yang menghentikan kegiatan belajar mengajar diruang kelas, karena harus belajar jarak jauh dengan menggunakan metode learning.

 Dalam penerapannya masih ada hambatan yang ditemukan salah satunya tidak meratanya fasilitas yang dimiliki siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh terutapa pada sekolah daerah terpencil yang sulit mendapatkan akses perangkat digital. Maka perlu adanya perkembangan lebih lanjut mengenai inovasi dalam pendidikan, khususnya di jenjang SD dan PAUD.

Selanjutnya, faktor yang mempengaruhi terkait inovasi pendidikan. Seperti visit terhadap pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan, faktor penghambatan, faktor pertambahan penduduk, tuntutan adanya proses pendidikan yang relevan. Pengaruh -- pengaruh tersebut dapat membuat suatu inovasi pendidikan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penerimaan inovasi oleh masyarakat luas dipengaruhi oleh karakteristik (ciri-ciri) inovasi itu sendiri dan karakteristik orang (manusia). 

Guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran agar terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan, karena Sosiologi sendiri merupakan suatu materi yang pembawaannya cukup monoton, jika guru bisa melakukan inovasi pembelajaran sosiologi maka proses pembelajaran sosiologi akan disenanangi oleh siswa kemudian tujuannya akan tercapai.

Strategi bisa dikatakan siasat atau taktik, hal ini biasa dilakukan oleh para tentara dalam melakukan perang untuk mencapai kemenangan, dari pengertian ini akhirnya banyak diadopsi oleh bidang-bidang lain. Dalam dunia pendidikan, strategi untuk mencapai hasil proses pendidikan, didalam olahraga untuk mencapai juara. Oleh karena itu, strategi sangat diperlukan dalam segala bidang.

Dalam implikasinya, model pengelolaan pendidikan di masa pandemik adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran online yang dilaksanakan sejak pertengahan Maret 2020. Pembelajaran jarak jauh dilakukan sesuai dengan rekomendasi yang ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. 

Media yang dilakukan dam pembelajaran ada media onlen yaitu berupa perangkat lunak atau aplikasi sepertii yang digunakan untuk ngimplementasikan pembelajaran online termasuk Moodle Whatsapp, Google Forms, elearning, Microsoft Terms dan sebagainya. Model pembelajaran online yang digunakan adalah penggunaan pembelajaran video, tugas tertulis dan latihan soal.

Dengan demikian dapat disimpulkan inovasi pendidikan merupakan satu hal yang baru dalam bidang pendidikan baik itu sarana dan prasarana, metode, maupun model pembelajaran sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan modern. Factor yang mempengaruhi inovasi pendidikan meliputi visi dan misi pendidikan, Ilmu pengetahuan, jumlah penduduk, dan tuntutan proses pendidikan yang relevan atau sejalan dengan perkembangan jaman. 

Model pembelajaran di abad ke-21 ini banyak melibatkan komponen baru seperti penggunakan ICT dalam proses belajar mengajarnya. Pandemi ini sangat berdampak pada proses belajar mengajar disekolah Penerimaan inovasi oleh masyarakat luas dipengaruhi oleh karakteristik inovasi itu sendiri dan karakteristik orang . 

Dalam dunia pendidikan, strategi untuk mencapai hasil proses pendidikan, didalam olahraga untuk mencapai juara. Oleh karena itu, strategi sangat diperlukan dalam segala bidang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan