Mohon tunggu...
Zahra Anggita Harahap
Zahra Anggita Harahap Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Diponegoro

Writing, photography

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari

Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Promosi Benteng Bukit Ketapang sebagai Cagar Budaya Penting

14 Agustus 2022   00:05 Diperbarui: 14 Agustus 2022   01:01 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sibolga (07/08/2022) -- Benteng Bukit Ketapang merupakan tempat wisata kesejarahan yang berlokasi di sekitar Bukit Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara. Benteng Ketapang merupakan benteng bekas peninggalan tentara Jepang. Pada lokasi ini terdapat pula enam buah benteng, dua buah benteng letaknya berada di bukit, tiga benteng di puncak bukit, sedangkan satu benteng lainnya adalah fondasi bekas Benteng Ketapang. Terdapat satu lubang yang diduga lubang angin bagi benteng. Pada bagian atas bukit Benteng Bukit Ketapang ini kita akan disuguhi dengan pemandangan Kota Sibolga dan kawasan Teluk Tapian Nauli serta pulau-pulau kecil yang mengelilingi kota tersebut. Nuansa matahari terbenam dari atas bukit Benteng Bukit Ketapang semakin indah terlihat.

Keberadaan Benteng Bukit Ketapang menjadi salah satu potensi wisata sejarah dan budaya yang tidak kalah penting, mengingat kawasan pesisir barat Pulau Sumatra ini memang banyak meninggalkan catatan dari masa lampau, terkhususnya adalah kisah romantika perjuangan dalam melawan pasukan para penjajah Belanda dan Jepang pada saat mereka berusaha keras merebut Residen Tapanuli. Namun sayangnya, tidak ditemukan adanya pengetahuan masyarakat setempat terhadap pentingnya konservasi cagar budaya agar mengenal dan mampu menggali potensi dari peninggalan sejarah di daerah mereka yang nyatanya dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran maupun sumber penghidupan bagi generasi selanjutnya.

dokpri
dokpri

Zahra Anggita Harahap (21), mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara mencanangkan Program Promosi Bukit Benteng Ketapang sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat umum sehingga mampu mendorong daya tarik mereka dalam menanamkan prinsip menjaga peninggalan cagar budaya itu sendiri. Program Promosi Bukit Benteng Ketapang dimulai dengan melakukan diskusi bersama perangkat Kantor Kelurahan Sibolga Ilir yang terdiri atas Kepala Kelurahan Sibolga ilir dan beberapa staff pegawai tentang peninggalan cagar budaya, Bukit Benteng Ketapang. Setelah menggali informasi, kemudian materi-materi tersebut disusun ke dalam satu konsep menjadi sebuah poster berbentuk banner. Program Promosi Bukit Benteng Ketapang terlaksana dengan baik. Perangkat kelurahan, warga, dan mahasiswa bekerjasama saat memasang banner promosi Benteng Bukit Ketapang di Kantor Kelurahan Sibolga Ilir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan