Mohon tunggu...
Zaharo Assaffanah
Zaharo Assaffanah Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember

Jika kata sudah tidak bermakna, maka diam adalah jawabannyaūüôŹ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Penting Seorang Guru.

7 April 2020   04:54 Diperbarui: 7 April 2020   05:50 15 0 1 Mohon Tunggu...

By : Zaharo Assaffanah

Perang Penting Seorang Guru.

Seorang guru mempunyai peran sangat penting dalam membentuk karakter ataupun watak seorang siswanya, dan guru juga memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan siswanya. Guru dapat dikatakan berhasil jika menghasilkan siswanya lulusan yang berkualitas.

Dalam mengolah proses belajar mengajar tentunya harus mampu meningkatkan kemampuan dalam membuat perencanaan pelajaran, pelaksanaan dan pengelolaan pengajaran yang efektif, penilain hasil belajar yang objektif, sekaligus memberikan motivasi kepada siswanya. dan juga membimbing siswanya, terutama ketika siswa tersebut sedang mengalami kesulitan belajar.

Tugas seorang guru disekolah dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para siswanya, agar siswa mampu menjadi pribadi yang baik. Biasanya dalam proses pembelajaran guru juga mempunyai tugas yakni mendorong, membimbing, memberi fasilitas belajar bagi siswanya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.

Guru harus membimbing siswanya agar dapat menemukan potensi yang dimiliki siswanya, membimbing siswa agar mencapai apa yang mereka impikan, dan dapat melaksanakan tugas perkembangan keadaan mereka, sehingga dengan ketercapaian tersebut siswa dapat berkembang sebagai individu yang mandiri dan produktif.

Hubungan guru dengan siswa dapat diibaratkan seperti halnya seseorang yang yang sedang merawat tanaman, mengapa seperti itu? Karna jika di bayangkan tanaman tersebut akan berbuah atau bertumbuh dengan baik manakala seseorang tersebut dapat merawatnya dengan baik, seperti dengan cara menyemai, menyiram, memupuk, dan memberi obat pembasmi hama.

Jadi, sama halnya dengan guru,  siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi siswa yang baik jika mereka mendidik siswanya dengan cara yang baik pula. Yakni dengan menjaga siwanya, mengarahkan siswanya, membimbing siswanya agar tumbuh berkembang sesuai potensi minat dan bakat yang mereka punya. Inilah mengapa peran guru sangat di petingkan dalam hal membimbing siswanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x