Mohon tunggu...
Zaenal Abidin
Zaenal Abidin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Membangun kepercayaan anda

Jadilah pribadi yang kreatif inovatif dan produktif

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sihir dan Takhayul

3 Desember 2021   10:08 Diperbarui: 3 Desember 2021   10:30 48 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dari abad ke-5 hingga ke-15, ilmu pengetahuan kurang berkembang terutama ilmu Kedokteran. Hanya ada beberapa sekolah kedokteran yang berkembang di bawah pengaruh praktim islam, Khusunya salerno Italia, Montpellier di Prancis dan Bologna dan padua juga di Italia. Bahkan, ilmu kedokteran mengalami kemunduran demi kemunduran dan orang kembali menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan sihir serta berbagai upacara kepercayaan. 

Pada awal masa kini konsep mengenai roh kehidupan  dan ke empat cairan tubuh dari Galen menguasai pemikiran kalangan kedokteran dan kemudian lambat laun masuk ke dalam pandangan kalangan Kristiani tentang penyakit yaitu sebagai hukuman dari Tuhan untuk orang-orang yang berdosa.  Tubuh tidak sepenting seperti kepercayaan mengenai keselamatan jiwa sesudah mati. 

Diagnosis dan pengobatan seringkali dilakukan berdasarkan tahayul tanda-tanda kekuatan ghaib dan agama Ma dan banyak orang yang mengenalkan doa-doa kepada para Roh Kudus yang dianggap dapat memberikan kesembuhan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan