Mohon tunggu...
Yuyun Simanjuntak
Yuyun Simanjuntak Mohon Tunggu... Freelancer - Berkat

Be nature

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Portofolio: Rancang Bangun Alat Akses Kendaraan di Jalan Ketika dalam Perbaikan Melalui Gerak Kendaraan

1 Maret 2022   17:14 Diperbarui: 1 Maret 2022   17:18 531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Tampilan Portofolio (Dokpri)

 

Halo...kembali lagi perkenalan diri boleh ya. Hehehe. Saya Yuyun Simanjuntak saat ini kesibukan sebagai freelancer. Mencari peluang bekerja untuk bertumbuh dan memberi dalam bidang saya sebagai fresh graduate diploma 3 teknik komputer. Izin cerita ni teman-teman....Agustus 2020 saya mendaftarkan diri bergabung belajar bersama Apple DeveloperAcademy @infinite Learning. 

Kala itu saya sangat bahagia karena mendapat kesempatan masuk tahap interview oleh kakak panitia. Namun harapan saya bergabung bersama Apple DeveloperAcademy tahun 2020 berhenti. 

Saat itu kondisi sinyal di rumah dan keterbatasan perangkat saya tidak mendukung untuk mengikuti proses interview sampai selesai. Tahun 2021 saya kembali mendaftarkan diri namun berhenti pada tahan test assessment. Saya menyadari penuh saya gagal pada tahap assessment. Saya terlalu memaksakan diri kala itu saat situasi menyusun tugas akhir kuliah.

Pengumuman batch 1 untuk c2023 dibuka melalui instagram appledeveloperacademy.il kembali menarik perhatian saya untuk berjuang boleh belajar pada program ini. Selain itu melihat motivasi diri saya 2 tahun kebelakang membuat saya memantapkan diri bergabung bersama Apple DeveloperAcademy. 

Saat ini saya fresh graduate, freelancer, dan mengikuti berbagai seminiar terkait teknologi informasi. Mengisi diri dengan berbagi kegiatan yang saya sukai. 

Menjadi siswa pada akademi Apple Academy @infinite Learning tetap merupakan mimpi yang saya perjuangkan hingga kini. Kegagalan tahun-tahun sebelumnya sekiranya menjadi pembelajaran untuk saya supaya menghargai setiap kesempatan yang ada dengan mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Dan semakin kesini saya melihat bahwa Apple DeveleperAcademy @infinite Learning adalah salah satu akademi yang membawa para alumninya dengan bekal keterampilan di bidang teknologi, bisnis, dan desain. Ketiga bidang tersebut merupakan bidang yang sangat penting untuk mengabdi kepada bangsa. Karena itulah saya sangat senang bisa bergabung dengan The Apple Academy @infinite Learning. Saya ingin belajar dengan senior yang berpengalaman di bidang teknologi, khususnya pengembangan perangkat lunak. Dan yang paling penting saya ingin berpartisipasi dalam melayani masyarakat Indonesia melalui teknologi. Untuk itu saya memantapkan diri bergabung pada akademi Apple DeveleperAcademy @infinite Learning.

Adapun sebagai bahan pendukung saya bergabung dalam academi Apple DeveleperAcademy @infinite Learning, saya menyertakan portofolio saya terkait pekerjaan yang baru-baru ini saya kerjakan. Pekerjaan tersebut berupa tugas akhir saya terkait mencoba menawarkan solusi terkait sering terjadi kemacetan jalan akibat salah satu lajur yang sedang diperbaiki. 

Untuk itu saya mencoba membuat tugas akhir dengan judul rancang bangun alat akses kendaraan di jalan ketika dalam perbaikan melalui gerak kendaraan. Berdasarkan judul ini didapat alat/prototipe yang mensimulasikan kondisi jalan yang sedang rusak/diperbaiki dan bagaimana cara kendaraan mengakses jalan. 

Teknologi yang digunakan menggunakan Arduino Uno sebagai pengendali utama dan software Arduino IDE sebagai media memberi perintah melalui code pada Arduino Uno.  Melalui alat ini saya mencoba memberi pemerataan pengguna jalan di kedua lajur dan alat ini dapat diakses melalui smartphone masing-masing pengguna jalan melalui aplikasi Blynk. Demikian ringkasan portofolio yang boleh saya tuangkan untuk mendukung saya mengajukan diri bergabung bersama Apple DeveleperAcademy @infinite Learning. Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun