Mohon tunggu...
Yusuf Habibillah Akbar
Yusuf Habibillah Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa IT di Universitas Amikom Yogyakarta

Suka teknologi, programming, dan desain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Perubahan yang Terjadi Setelah Masuknya Era Teknologi Digital

16 Januari 2021   14:08 Diperbarui: 16 Januari 2021   14:08 59 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita ketahui, kini setiap dari kita hampir tidak bisa lepas dari kebutuhan teknologi. Mulai dari bangun tidur hingga kembali lagi ke tempat tidur kita dimanjakan dengan segala jenis kemudahan dalam berkomunikasi, bekerja, dan bertransaksi.

Teknologi modern telah membuka jalan bagi berbagai perangkat seperti smartwatch dan smartphone untuk berkembang lebih pesat. Komputer menjadi lebih cepat, lebih portabel, dan lebih bertenaga daripada sebelumnya. Dengan semua revolusi ini, teknologi juga membuat hidup kita lebih mudah, lebih cepat, lebih baik, dan lebih menyenangkan.

Dalam artikel kali ini, penulis ingin merangkum berbagai jenis dampak teknologi digital terhadap kehidupan kita mulai dari aspek kesehatan, keluarga, hingga keuangan.

1. Kesehatan

Dalam berkehidupan, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kesehatan adalah aspek yang paling penting yang harus kita jaga dan berikan perhatian seutuhnya. Dalam dekade terakhir, teknologi dengan memberikan perubahan yang teramat besar pada bidang ini, khususnya tentang bagaimana seseorang memperoleh akses dan informasi kesehatan yang mereka perlukan. Hampir semua smartwatch yang kita kenakan sekarang memiliki berbagai jenis sensor yang dapat membantu kita memonitor status kesehatan, dan bahkan beberapa bisa langsung terintegrasi dengan layanan kesehatan yang bisa langsung mengetahui kondisi kita.

Dari segi informasi, kini seseorang juga bisa melakukan self-diagnose menggunakan aplikasi-aplikasi mobile. Dan yang paling keren, siapapun yang sedang membutuhkan bantuan emosional kini.

2. Pekerjaan

Di bidang pekerjaan, teknologi telah mengubah banyak hal. Mulai dari cara kita berkomunikasi, melakukan rapat, menyusun agenda, hingga melakukan penyediaan persediaan sudah dilakukan dengan online. Kemampuan dalam menggunakan komputer dan gadget kini menjadi hal yang wajib dikuasai siapa saja yang ingin bekerja di era teknologi. Tidak heran, kemampuan dalam penggunaan teknologi dimasukkan kedalam 10 skills paling dicari di 2025 kelak. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu memperbarui kemampuan dalam menggunakan platform yang ada supaya tetap relevan dengan perubahan yang terjadi.

3.Pertemanan & Sosial

Berteman tidak akan pernah sama lagi, di era teknologi sekarang kita tidak perlu pergi kerumah teman untuk sekedar mengobrol. Kita bisa langsung mengambil telepon gengam, buka WhatsApp dan langsung terhubung dengan siapapun dimanapun kita berada. Bahkan kini sudah mulai banyak platform baru bermunculan yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang baru yang tidak kita kenal sebelumnya.

Berbicara tentang masalah sosial, salah satu hal positif yang terdampak dari adanya teknologi adalah cara kita membantu sesama. Kini sudah ada banyak sekali platform donasi berbasis crowdfunding yang memungkinkan kita untuk berbagi kepada sesama dibelahan dunia manapun dengan mudah dan cepat. Bahkan platform seperti KitaBisa.com sudah merekam jutaan transaksi dan total donasi hingga milyaran rupiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN