Mohon tunggu...
Yusnaeni
Yusnaeni Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

https://yusnaeni.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Atasi Alergi dengan 3K: Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan

15 April 2019   23:56 Diperbarui: 16 April 2019   00:45 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Alergi. Sumber: Alergianak.com

Saya pernah datang ke dokter paru-paru di salah satu rumah sakit Jakarta. Pada September 2016, ketika sudah merasa terganggu dengan flu dan batuk setiap kali terkena debu. Saya pikir paru-paru saya terganggu.

"Apa yang membuatmu datang ke sini?" tanya dokter.

"Hidung saya sering meler dok."

"Pada saat kapan?"

"Saat naik angkot, ojek dan naik gunung."

Dokter kemudian menyuruh saya untuk berbaring. Tangannya memegang stetoskop memeriksa dada saya.

"Tarik napas, buang. Tarik napas, buang."

Tiga menit kemudian, saya kembali ke tempat duduk.

"Saya akan menjelaskan kenapa kamu begini. Paru-paru kamu bagus. Tapi kamu hyprsensitive (alergi berlebihan) terhadap debu dan dingin. Saya akan memberikan terapi, tapi kamu juga harus jaga kesehatan agar daya tahan tubuh kamu bagus."

Tiba-tiba saya teringat, ayah dan adik saya juga memiliki alergi yang sama. Beruntungnya mereka tinggal di desa, dengan udara yang masih sangat bagus dan iklim yang sejuk.

Alergi sendiri merupakan respon sistem imun yang tidak normal mengenali bahan-bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain. Kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), alergi memiliki arti perubahan reaksi tubuh terhadap kuman -- kuman penyakit atau keadaan sangat peka terhadap penyebab tertentu misal zat, makanan, serbuk, keadaan udara, asap, dan sebagainya, yang dalam keadaan tertentu tidak membahayakan untuk sebagian besar orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun