Mohon tunggu...
Yuschika Tammuan
Yuschika Tammuan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan Memasang Pembatas Dusun

12 Juni 2019   21:00 Diperbarui: 12 Juni 2019   21:12 0 0 0 Mohon Tunggu...
Menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan Memasang Pembatas Dusun
Pak Tuwuhadi (ketiga dari kiri) membantu pemasangan batas dusun.

 

Untuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Jambuwer melaksanakan kegiatan pembuatan dan pemasangan pembatas dusun. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu hingga Jumat (29-31 Mei 2019). Hal ini ditujukan untuk mempermudah  masyarakat dari luar Jambuwer dalam mencari alamat, tanpa adanya pembatas dusun maka masyarakat luar Jambuwer akan sulit untuk mengenali atau mencari tempat yang dituju.

Kegiatan pembuatan dan pemasangan pembatas dusun dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yaitu pencarian bahan baku berupa bambu, multiplek, cat, plitur, dan kuas yang dilakukan pada hari Rabu. 

Tahap kedua dilakukan pada hari Kamis yaitu pengerjaan pembuatan pembatas dusun meliputi pembuatan desain, pengecatan sekaligus menulis nama-nama dusun. 

Pada hari Jumat dilakukan tahap terakhir yaitu pemasangan pembatas dusun yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM bersama Kepala Desa Jambuwer.

Hasil dari kegiatan pembuatan dan pemasangan pembatas dusun yaitu adanya pembatas dusun yang berjumlah lima buah, yaitu pembatas Dusun Rekesan-Dusun Cakru'an, Dusun Cakru'an-Dusun Krajan, dua buah pembatas Dusun Krajan-Dusun Glagaharum, dan pembatas Dusun Glagaharum-Dusun Bulupogog. Tindak lanjut kegiatan ini diharapkan agar masyarakat dapat menjaga dan merawat pembatas dusun agar dapat berfungsi dengan maksimal.