Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Cara Mengecek Apakah Anda Tergolong Tipe Follower Alienated atau Effective

24 Oktober 2021   17:02 Diperbarui: 25 Oktober 2021   06:16 676 19 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi effectiver follower | sumber: pexels/fauxels

Dipastikan, tidak ada seorang pun ingin menjadi seorang follower yang alienatedtapi ingin menjadi seseorang yang  effective follower dalam sebuah perusahaan maupun di dalam komunitas. Namun demikian, kenyataan bicara lain, sebab setiap orang bisa jadi tidak seperti yang dipikirkan dan sangat berbeda.

Ilmu kepemimpinan mengelompokan 5 style follower yang sesungguhnya, yaitu:

Satu, alienated follower. Pengikut yang terasingkan percaya bahwa pemimpin mereka tidak mengenali atau menggunakan talenta mereka secara penuh.

Kedua, conformist follower. Gaya pengikut yang menunjukkan sikap tulus dan percaya penuh dengan menyerahkan diri mereka kepada anggota tim yang lain dan para pemimpinnya, sehingga ketika diberikan tugas dan tanggung jawab mereka akan langsung menjalankannya tanpa bertanya apa atau mengapa.

Ketiga, pragmatic survivor follower. Pengikut yang selalu taat pada peraturan, dan tidak menggunakan perasaan sebagai alat pertimbangan dan penilaian serta mereka hanya mengikuti ketentuan yang berlaku dalam organisasi atau komunitas.

Keempat, passive follower. Pengikut yang pasif percaya bahwa organisasi tidak menginginkan ide-ide mereka dan apa yang dilakukan pemimpin adalah sekehendak pemimpin itu sendiri, tidak memedulikan apa yang menjadi perhatian mereka.

Kelima, effective follower. Pengikut yang efektif adalah pemikir independen dan kritis dalam organisasi yang bersikap sama terhadap semua orang tanpa mempedulikan posisi dalam organisasi itu. Memiliki keberanian untuk memulai perubahan dan berani mengambil risiko demi memberikan yang terbaik bagi organisasi.

Kelima bentuk gaya follower ini mempunyai dampak yang berbeda-beda bagi tercapainya tujuan organisasi, sedemikian rupa sehingga pemimpin harus memiliki pemahaman yang obyektif keseluruhan follower-nya.

16 Pertanyaan: Memeriksa gaya follower

Bagi seorang leader penting memiliki informasi akurat tentang gaya para follower-nya, semua karyawan yang barada di bawah kendalinya. Sebab, dengan mengerti siapa yang dipimpinnya akan mudah baginya mengefektifkan peran sebagai pemimpin demi mewujudnyatakan target maupun tujuan perusahaan.

Ilustrasi follower terasing | Sumber: pexels/Markus Spiske
Ilustrasi follower terasing | Sumber: pexels/Markus Spiske

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan