Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Apakah Nasib Donald Trump Sama dengan Bill Clinton atau Richard Nixon?

4 Februari 2020   10:23 Diperbarui: 4 Februari 2020   10:38 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.cnnindonesia.com/

Nasib Presiden AS ke-45 Donald Trump akan ditentukan oleh Senat AS pada hari Rabu 5 Februari 2020, sebagai puncak sidang-sidang yang sudah digelar sejak Januari 2020 untuk membahas keputusan dan usulan dari DPR AS terhadap pemakzulan Donald Trump sebagai Presiden AS yang dianggap melanggar konstitusi negara ini.

Melalui lamannya VOA Indonesia memberitakan tentang rencana sidang Senat AS yang dilakukan setelah sehari mendegar pidato keneagaraan State of the  Uniion yang disampaikan oleh Presiden Donald Trump.

Senat dijadwalkan menggelar pemungutan suara terakhir dalam sidang pemakzulan Presiden Donald Trump pada Rabu 5 Februari waktu AS, sehari setelah Trump memberikan pidato kenegaraan State of the Union. Sebelumnya dua presiden AS juga pernah memberikan pidato yang sama di tengah ancaman pemberhentian. 

https://www.voaindonesia.com/
https://www.voaindonesia.com/
Memang menarik sekali mengikuti bagaimana proses pemakzulan ini dilakukan, mulai dari proses di DPR dan utamanya ketika masuk di wilayah Senat AS. 

Proses yang kental diwarnai oleh kepentingan politik antara dua partai yaitu Demokrat yang menguasai DPR versus Partai Republik yang mendominasi Senat dan merupakan pendukung Donald Trump menjadi orang kuat dan nomor satu di AS. Ya, memang disana ada pertarungan politik yang sangat besar dan kuat, terutama untuk kepentingan Pemilihan Umum Presiden AS pada bulan November 2020 yang akan datang.

Juga menarik mengkalkulasi hasil yang akan terjadi besok saat pemungutan suara akan dilakukan. Sebab, paling tidak ada dua kasus yang sama pernah juga terjadi di AS dalam forum Senat, yang dialami oleh Presiden AS ke 37 Richard Nixon pada tahun 1974 dan Presiden AS ke 42 Bill Clinton pada tahun 1999. Apakah nasib Donald Trump sama dengan Nixon atau Bill Clinton ?

Richard Nixon yang berasal dari Partai Republik, sama dengan Donald Trump saat ini, terlibat dengan kasus yang sangat terkenal dan tentu saja menghebohkan dunia politik AS yang lebih dikenal dengan Watergate

Sebuah kasus yang melibatkan langsung sang Presiden Nixon atas kepergoknya sejumlah orang yang memasuki atau membobol Watergate  yang merupakan tempak Partai Demokrat bermarkas.

Dan setelah berbulan-bulan diproses, bahkan hingga membutuhkan waktu lebih setahun, akhirnya proses pemakzulan Nixon sebagai Presiden AS segera di eksekusi. Namun, sehari sebelum hari keputusan final di Senat AS, Presiden Richard Nixon melalui layar televisi kepada seluruh warga AS menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Presiden AS ke 37 pada tanggal 9 Agustus 1974.

Sementara Presiden AS ke 42, Bill Clinton juga juga mengalami nasib yang sama menghadapi pemakzulan dengan kasus yang dikenal dengan Skandal Seks Clinton-Lowinsky. Monica Lowinsky merupakan seorang wanita muda yang sedang kerja status magang di gedung putih saat Bill Clinton sebagai Prediden AS ke 42. 

Setelah melalui proses panjang di DPR dan juga di Senat, Bill Clinton yang merupakan Presiden AS dari Partai Demokrat akhirnya menghadapi keputusan terakhir dari Sidang Senat AS yang dilakukan pada 19 Desember 1999. Menarik karena  dia dinyatakan bersalah karena pada akhirnya juga dia mengakui dengan jujur skandal itu, namun Senat AS mengambil keputusan yang mengejutkan, yaitu Bill Clinton tidak di pecat dari jabatan Presiden.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun