Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Ciptakan Momentum dan Capai Tujuan Anda

7 Januari 2020   15:26 Diperbarui: 9 Januari 2020   17:19 236 8 2 Mohon Tunggu...
Ciptakan Momentum dan Capai Tujuan Anda
Ilustrasi mencapai target. (sumber: Thinkstockphotos via kompas.com)

Satu minggu sudah memasuki tahun 2020. Apakah Anda masih menganggap seperti hari-hari yang lalu di tahun 2019 saja? Kalau itu yang terjadi, sangat mungkin akan mengulangi kegagalan di tahun yang lalu. Atau kalaupun tidak gagal, maka pencapaian Anda tidak akan maksimal apalagi menjadi "luar biasa" di tahun 2020.

Coba cermati apa yang Anda alami selama 365 hari di tahun 2019. Maksudnya adalah apakah Anda puas dengan pencapaian Anda, atau malah tidak dan nyaris semua menjadi kekecewaan. Bahkan apa yang Anda sudah rancangkan serta resolusikan di awal tahun lalu, segalanya tidak berjalan di rel yang Anda harapkan.

Padahal, sangat mungkin Anda sudah berusaha semaksimal yang dilakukan. Segala daya upaya, semua sumber daya yang dimiliki, dan segala penjuru akses dan jaringan sudah Anda libatkan. Tetapi, hasilnya mengecewakan Anda. Bahkan nyaris semua jalan yang dilewati adalah "Jalan Buntu".

Kalau demikian, dimana letak persoalan yang harus dicermati, disadari dan tentu saja di selesaikan dengan cara seksama dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Iya, karena waktu Anda tidak terlalu mewah dan banyak untuk mewujudkan semua tujuan kunci yang sudah Anda bangun. Adan harus bergegas kalau tidak, maka kegagalan di tahun 2019 pasti akan menjadi kenyataan.

Anda Butuh Momen(tum)

Sesungguhnya banyak orang tidak mampu mencapai tujuan akhir karena salah dalam mengelola momen atau "momentum". Kendati persiapan sudah begitu matang dikerjakan, dan semua sumberdaya sudah disiapkan, tetapi "moment"nya tidak tepat, tidak pas dan tujuan keberhasilan kelewat begitu saja.

Moment itu menjadi sesuatu titik waktu yang sangat singkat, sebagai kristalisasi dari semua senergi sumberdaya yang sudah disiapkan untuk meraih dan merebut tujuan akhir. Bisa jadi Anda terlalu cepat atau terlalu lambat sehingga momentumnya lewat atau belum dapat. Dan tujuan tidak tercapai.

Itulah kurang lebih makna dari kata "momentum" yang merupakan termonologi yang bisa dipinjam dari dunia fisika ilmu gerak. Disana, momentum berbicara tentang perpaduan dari masa benda dan kecepatan yang terjadi. Kalau perpaaduannya tepat maka momentumnya akan menjadi kenyataan.

Ilmu momentum menjadi indikasi dari benda bergerak, manusia yang hidup, dinamika segala alam dan benda yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Artinya, ketika Anda diam dan tak bergerak maka momentumnya sama saja dengan NOL.

Dan karenanya Anda tidak pernah sampai ke tujuan. Bergeraklah dengan bobot yang Anda miliki dengan kecepatan yang sesuai maka "momentum" itu Anda akan dapatkan dan tujuan Anda akan terwujud.

Dalam pemahaman demikian, maka siapapun Anda dalam rangka mewujudkan keberhasilan dan kesuskesan Anda di tahun 2020, Anda butuh momentum. Bukan hanya butuh, tetapi Anda perlu menciptakan dan membuat memonetum itu demi tujuan yang Anda hendak capai.

Kalau di tahun 2019 ada banyak kegagalan yang dihadapi, sangat mungkin karena Anda tidak mampu menciptakan "momentum" yang sangat dibutuhkan sebagai jaminan pencapaian tujuan.

Menciptakan Momentum

Perhatikan dengan cermat para peraih medali emas dalam sebuah kompetisi olah raga. Disana mereka berusaha mengelola momentum sebagai perkalian dari kecepatan yang dimiliki dengan massa yang dimiliki pada saat yang sama. Ketika keseimbangan itu terjadi, maka emas menjadi hadiah atas kerja yang hebat itu.

Jason Womack, seorang leadership coach dan penulis dari buku berjudul Get Momentum: How to Start When You're Stuck, memberikan nasehat yang sangat sederhana tetapi sangat powerful.

Nasehatnya adalah manfaatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik Anda, terutama ketika anda sedang berada dalam sebuah situasi "terjebak", maju kena mundur kena.  Anda harus keluar dengan pendekatan motivasi yang dimiliki.

Tujuan Anda membutuhkan motivasi intrinsik. Meskipun Anda mungkin tidak dapat mencapai semua yang ada dalam daftar tujuan yang sudah dibuat oleh Anda, tetapi identifikasi apa yang Anda rasa dapat Anda penuhi dengan waktu dan energi yang Anda miliki pada saat itu.

Kata kuncinya adalah terletak pada "Hal yang tidak bisa berhenti kau pikirkan tentang menjadi, memiliki, atau melakukan. Berikan diri Anda hadiah perhatian Anda, buka halaman kosong dalam jurnal hidup yang Anda jalani, dan mulailah menulis apa yang Anda inginkan, lakukan, dan miliki".

Dengan melakukan itu, maka momentum itu selalu terjaga, terpelihara dan pada saatnya akan menjadi kenyataan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN