Mohon tunggu...
Yunita Krisanti
Yunita Krisanti Mohon Tunggu... -

Seorang anak manusia keturunan adam yang sedang menjalani proses kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum PAUD

12 Juni 2014   19:08 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:03 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seperti halnya sekolah pada jenjang SD, SMP ataupun SMA, PAUD juga memiliki sebuah kurikulum. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan peraturan yang mencangkup tujuan, isi dan bahan belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dari pengertian kurikulum tersebut berarti untuk mencapai tujuan dalam pendidikan diperlukan sebuah kurikulum untuk pengaturnya. Dan pengertian kurikulum PAUD itu sendiri adalah seperangkat bahan ajar yang diajarkan kepada peserta didik, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal.

Ternyata kurikulum PAUD ini sama seperti kurikulum pendidikan pada jenjang SD, SMP, dan SMA yang selalu mengalami perubahan. Pada kurikulum PAUD ini terjadi tujuh perubahan kurikulum dari tahun 1964 hingga sekarang. Berikut ini adalah sejarah singkat perkembangan kurikulum PAUD.

1.Kurikulum 1964

ØSistem Pendidikan Pancawardhana

ØMengembangan 5 Aspek

2.Kurikulum 1968

ØPeresmian Kurikulum TK

ØTerdapat 8 Bidang Yang Dikembangkan

3.Kurikulum 1976

ØLebih Menekankan Pada Pengembangan Kepribadian

ØBahasa Daerah Sebagai Bahasa Pengantar

4.Kurikulum 1984

ØBerorientasi pada Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA)

5.Kurikulum 1994

ØPenggunaan tema dan sub tema yang sebagai pokok bahasan

Øsistem catur wulan

6.Kurikulum 2004 KBK

ØSistem semester

ØGuru sebagi Fasilitator, motivator bagi anak

7.Kurikulum KTSP

ØMengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

ØMenggunakanStandar Nasional

Kurikulum PAUD ini mempunyai Sembilan komponen yang ada di dalamnya, yaitu:

1)Anak

2)Pendidik

3)Pembelajaran

4)Penilaian (assessment)

5)Pengelolaaan Pembelajaran

6)Peran Masyarakat

7)Penilaian Kurikulum

8)Keterampilan

9)Pelatihan

Dan adapun prinsip – prinsip manajemen kurikulum PAUD adalah :

1)Bersifat komprehensif

2)Dikembangkan atas dasar perkembangan secara bertahap

3)Melibatkan orang tua

4)Melayani kebutuhan individu anak

5)Merefleksikan kebutuhan dan nilai – nilai masyarakat

6)Mengembangkan standar kompetensi anak

7)Menjalin kemitraan dengan keluarga dan masyarakat

8)Penyediaan sarana dan prasarana

Model Pengembangan Kurikulum PAUD :

1.Model Pendekatan Proses Pematangan

a.Aspek Administrasi

Tata ruang dibutuhkan sebagai ruang gerak, tersedianya benda mainan multidimensi sebagai pusat - pusat pembelajaran sehingga diharapkan anak mengalami kematangan perkembangan pada seluruh aspek kehidupannya.

b.Aspek Pendidikan

Model pendekatan ini menghendaki pola heterogenitas dalam kelompok – kelompok pembelajaran. Artinya, dalam setiap aktivitas permainan, anak – anak dikelola secara kelompok berdasarkan usia dan kematangan perkembangan. Dalam penyusunan aktivitas disesuaikan pada tema yang disusun melalui berbagai macam permainan. Pola pembelajaran didesain melalui permainan agar mengetahui kebutuhan maupun minat anak itu sendiri yang mencakup hal – hal yang bersifat fisik, kognitif dan efektif.

c.Aspek Evaluasi

Program pembelajaran melalui berbagai permainan dengan model pendekatan pematangan, anak dikatakan berhasil apabila memperoleh kemajuan dan pematangan dalam hal perkembangan fisik, kognitif, efektif, sosial moral dan spiritual

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun