Mohon tunggu...
Yunita Herawati
Yunita Herawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Produk Siswa dari Olahan Pisang

11 Oktober 2022   12:28 Diperbarui: 11 Oktober 2022   12:33 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan dalam membuat suatu produk. Penilaian ini dimaksudkan sebagai kegiatan menghimpun fakta-fakta berdasarkan produk hasil karya siswa

Tujuan penilaian produk siswa menurut seorang ahli bernama Ahiri (2008:58) adalah penilaian produk dimaksudkan untuk menilai keterampilan siswa dalam pembuatan produk tertentu sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran di kelas .

Kegiatan penilaian produk di kelas 5a SDN 1 Pesawahan di Tema 3 mnjadi pilihan untuk saya bercerita dan berbagi disini, sederhana dan dapat mengeksplorasi kreativitas dan inovasi siswa.

Saat ini di kelas 5 tema 3 Makanan Sehat , subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat, pmbelajaran ke 2 , siswa manfaat buah pisang bagi pncernaan. Setelah anak- anak membuat poster sistem pencernaan dan mengetahui manfaat buah pisang bagi pencernaan, di rumah siswa diminta membuat produk makanan sederhana dari buah pisang dan dikumpulkan pekan depan. Siswa dibebaskan berkreasi di rumah dengan bantuan orangtua. Dalam grup kelas, sebelumnya guru telah berkoordinasi dengan orangtua siswa. Hasil kolaborasi guru,orangtua dan siswa sangat membantu berjalanya kegiatan pembuatan produk olahan pisang dengan sangat variatif dan kreatif. Hal ini juga dapat menimbulkan jiwa kreatif dan inovatif bagi siswa.

Sangat luar biasa antusias siswa dan orangtua kelas 5a SDN 1 Pesawahan dalam kegiatan pembuatan produk olahan dari bahan buah pisang. Selain kaya vitamin, buah pisang di wilayah kami terbilang mudah didapat dan harga yang relatif murah. Kemudian setelah produk dikumpulkan kemudian dewan guru , staf, penjaga sekolah, petugas kebersihan dan satpam diminta untuk memberikan pnilaian berdasarkan instrumen penilaian yang telah disiapkan. Siswa diminta untuk bercerita bagaimana cara mengolah buah pisang sampai dengan menjadi produk yang enak dan menarik. Siswa dengan antusias menjelaskan proses pembuatannya, hal ini juga bermanfaat untuk mengeksplorasi daya kreatif siswa dalam mengungkapkan ide-idenya. Produk diberi nama menarik hasil kreasi siswa dan dijelaskan dari asal makanan khas daerahnya masing-masing.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun