Mohon tunggu...
Yunita Setyaningsih
Yunita Setyaningsih Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Handphone VIVO

23 Juli 2021   00:02 Diperbarui: 23 Juli 2021   00:07 23 1 0 Mohon Tunggu...

ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN HANDPHONE VIVO

Pengertian komunikasi secara etimologis berasal dari perkataan latin "communication" istilah ini bersumber dari perkataan "communis" yang berarti sama, sama disini maksudnya sama makna atau sama arti. Proses komunikasi bisa diartikan sebagai penyampaian pesan yang menuntut adanya kesamaan makna agar komunikasi itu bisa terjadi secara baik. 

Foto diatas merupakan bentuk komunikasi visual yang dilakukan oleh brand handphone Vivo yang saat ini sedang naik daun karena produk-produk yang dirilis sangat menggiurkan penggemar handphone dengan kualitas kamera yang bagus.

Dalam foto tersebut dapat kita ungkapkan bahwa Foto tersebut mengandung pesan yang ingin di sampaikan. Bagaimana kita dapat mengetahui makna-makna yang tersembunyi didalam iklan tersebut? Salah satunya dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes. Roland Barthes di Indonesia seringkali dikutip pendapatnya tentang semiotika (semiologi) terutama tentang konsep pemaknaan konotatif atau yang lebih dikenal istilah second order semiotic system. 

Ada beberapa tahap di dalam teori Semiotika roland barthes di antaranya denotasi, konotasi dan mitos. Berikut penjelasan makna yang tersembunyi dalam iklan tersebut :

Denotasi 

Pada iklan merk hp vivo diatas terdapat foto seseorang sedang memperlihatkan handphone yang digenggamnya menutupi sebagian wajahnya dan kamera handphone tersebut tepat berada di bagian mata sambil tersenyum bahagia. 

Konotasi 

Kamera hp yang terlihat berada di posisi bagian mata memperlihatkan seperti menjadi pengganti matanya yang artinya kamera hp tersebut mengunggulkan kualitas kamera yang memiliki kemampuan seperti mata manusia.

Mitos 

Mitos yang muncul pada iklan hp tersebut adalah perempuan yang di anggap lebih teliti dan perfectionis daripada laki-laki. Karena kamera yang terdapat di iklan adalah mengedepankan ketelitiannya dalam menangkap gambar.

VIDEO PILIHAN