Mohon tunggu...
Yunita nury
Yunita nury Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika

Seorang Individu yang terus berusaha menjadi lebih baik dan bermanfaat setiap harinya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Relevansi Karakteristik Kepesantrenan

28 Mei 2020   19:29 Diperbarui: 28 Mei 2020   19:29 7 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warohmatulahhi wabarokatuh

Hai para pembaca dan pencari ilmu,

Setelah kemaren kita membahas tentang "Pesantren Sebagai Sub Culture Islam Nusantara" maka minggu ini kita akan bahas tentang hal yang lebih menarik lagi tentang "Relevansi Karakteristik Kepesantrenan"

Semoga artikel ini menjadi bermanfaart, selamat membaca...

Pola Umum Pendidikan Pesantren

Pesantren adalah suatu lembaga islam yang mendalami ilmu agama dengan kyai sebagai pengasuhnya atau kata lain sentralnya dan masjid sebagai pusat lembaganya serta mempelajari tentang moralitas sebagai pegangan hidup dan dapat di amalkan di masyarakat. Pesantren juga bisa disebut sebagai suatu system asrama atau pondok. Dengan melihat pola-pola umum di dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pesantren.

Tujuan didirikannya pesantren adalah memberikan pendidika dan pengajaran. Pelajaran yang diajakarkan di dalam pesantren yaitu mengenai ilmu agama dalam beberapa bidang seperti fiqih, ushul fiqh, tasawuf, akhlak tasawuf, tauhid, tafsir, hadist, bahasa arab dan lain sebagainya. Dengan diajarkannya ilmu-ilmu tersebut diharapkan para santri mampu mengamalkan saat sudah keluar dari pondok dan memberikan dampak kepada masyarakat dengan ilmu yang mereka terima saat belajar di pesantren dengan kemampuan yang merujuk kepada kitab-kitab islam klasik atau kitab kuning.

Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam yang dikelola seutuhnya oleh kyai dan dibantu oleh para santri, keberadaan pesantren pada dasarnya berbeda di berbagai tempat dalam hal bentuk maupun kegiatannya. Walaupun berbeda tetapi secara umum memiliki pola yang sama yaitu masjid sebagai sentral peribadatan dan ilmu pendidikan islma kemudian kyai sebagai sentral kepemimpinan dan pengajar.

Kultur pesantren

Kultur pesantren merupakan budaya pesantren yang dapat mempengaruhi pola pikir, mental, karakter serta akhlak para santri yang menggunakan asrama yang diawasi oleh para ustad dan ustadzah. Budaya ini diharapkan dapat membentuk pribadi santri menjadi bibit unggul yang berakhlak islam.

Ada beberapa unsur kultur pesantren yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x