Mohon tunggu...
Yuni Melani
Yuni Melani Mohon Tunggu... Keep Moving Forward!!!

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

TB2 Prof. Dr. Apollo: "Mencatat Transaksi Afiliasi Langsung dan Mutual"

19 Mei 2021   03:40 Diperbarui: 19 Mei 2021   19:08 120 18 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TB2 Prof. Dr. Apollo: "Mencatat Transaksi Afiliasi Langsung dan Mutual"
DokumenPribadi

TM 13 - Mampu Mencatat Transaksi Hubungan Afiliasi Baik Langsung dan Mutual.

Assalamualaikum Wr. Wb.

          Halo semuanya! Bagaimana kabarnya? Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan materi Akuntansi Keuangan Lanjutan 2 yaitu "Mencatat Transaksi Hubungan Afiliasi Baik Langsung dan Mutual". Apa itu Struktur Afiliasi? Bagaiaman pencatatan pemilikan tidak langsung? Semua akan saya bahas dalam artikel ini. Jika ada kesalahan dalam pemaparan mohon dimaafkan. Berikut adalah penjelasannya.

STRUKTUR AFILIASI

          Suatu perusahaan memiliki kerumitan struktur afiliasi, struktur tersebut tentunya memiliki kerumitan yang tidak terbatas meskipun dapat dengan mudah dikendali. Direct holding atau sering disebut kepemilikan langsung bisa didapatkan dari investasi langsung atas saham. Investasi tersebut bisa berasal dari satu atau bahkan lebih perusahaan investee. Indirect holding atau juga disebut kepemilikan tidak langsung merupakan investasi yang membolehkan investor untuk mempengaruhi dan mengendalikan keputusan dari investee yang bahkan tidak dimiliki secara langsung. Investor tersebut mempengaruhi dan mengendalikan melalui investee yang dimiliki secara langsung. Struktur kepemilikan tidak langsung memiliki dua jenis yaitu hubungan induk-anak-cucu dan hubungan afiliasi terkait.

Gambar1-DokumenPribadi
Gambar1-DokumenPribadi

Gambar2-DokumenPribadi
Gambar2-DokumenPribadi

Gambar3-DokumenPribadi
Gambar3-DokumenPribadi

PEMILIKAN TIDAK LANGSUNG

          Apa itu pemilikan tidak langsung? Pemilikan tidak langsung yaitu investasi yang ada kemungkinan atau membolehkan para investor dapat mempengaruhi dan mengendalikan dengan signifikan entitas lain yang tidak melalui kepemilikan saham langsung, tetapi dapat melalui anak entitasnya. Ada dua jenis Struktur indirect holding yaitu struktur Induk-Anak-Cucu serta struktur Afilitas Terikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN