Mohon tunggu...
Yuni Sagita Putri
Yuni Sagita Putri Mohon Tunggu... Tugas

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kesenjangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 serta Dampak yang Terjadi

31 Oktober 2020   09:29 Diperbarui: 31 Oktober 2020   09:44 35 0 0 Mohon Tunggu...

PENDIDIKAN.Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di era sekarang ini.Karena pendidikan adalah sebagai alat atau usaha seseorang untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki dengan melalui proses pembelajaran.

Dengan adanya pendidikan seseorang bisa mengubah suatu keadaan yang ada pada dirinya.Tidak hanya pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan,akan tetapi sikap dan perilaku juga diperoleh dari pendidikan.Contohnya adalah seperti bagaimana seorang murid atau mahasiswa berperilaku dan memiliki attitude yang baik terhadap orang lain.Orang yang berpendidikan pasti memiliki perilaku dan attitude yang baik,sedangkan orang yang tidak berpendidikan belum tentu memiliki perilaku dan attitude yang baik. 

Dengan adanya hal ini semua orang berhak mendapat pendidikan yang layak seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1 yang bunyinya "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan".Karena pada saat ini dunia pekerjaan sangat ketat dan sangat membutuhkan tenaga kerja terdidik yang memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni. 

Akan tetapi ada juga kendala didunia pendidikan yang ada pada saat ini.Yaitu adanya kesenjangan pendidikan terhadap sebagian masyarakat Indonesia.Ketidakseimbangan pendidikan tersebut pastinya ada berbagai macam faktor.

Salah satunya adalah faktor ekonomi.Perekonomian di sebagian daerah-daerah terpencil di Indonesia sangat memprihatinkan.Dan hal itu yang menghambat masyarakat yang lokasinya terpencil sulit mendapatkan pendidikan yang layak.Mereka hanya mengandalkan uang dari kerjanya setiap hari dan makan seadanya.Dan banyak orang tua yang ada di sana tidak mampu membelikan anak-anaknya alat tulis seperti buku dan bolpoin sebagai alat penunjang mereka untuk bersekolah.

Kualitas guru didaerah terpencil pun masih rendah.Beda dengan guru yang ada didaerah kota yang mempunyai pengalaman yang luas dan pengetahuan yang mumpuni.Jumlah buku saja didaerah tersebut sangat terbatas.Bahkan kondisi fisik sekolah dibuat seadanya ditambah dengan akses jalan menuju sekolah sulit ditempuh dan itu menghambat kelancaran dalam proses belajar.

Faktor lain yang mempengaruhi kesenjangan atau ketidakseimbangan pendidikan adalah kurangnya perhatian Pemerintah dalam menyediakan fasilitas atau sarana prasarana pendidikan kepada masyarakat yang ada diwilayah terpencil.

Mereka juga berhak mendapat pendidikan agar mampu bersaing dengan anak-anak yang ada di kota yang sudah memiliki fasilitas yang memadai.Tidak hanya itu mereka juga ingin bersekolah dengan fasilitas yang memadai seperti mempunyai buku yang lengkap agar lebih banyak mendapat wawasan untuk berinovasi dan memunculkan ide-ide yang baru untuk mengembangkan kemampuannya.

Apalagi di era wabah Covid-19 ini teknologi sangat penting bagi pendidikan.Pandemi ini telah merubah dunia pendidikan yang semula internet untuk bahan pembantu dalam proses belajar kemudian menjadi hal utama yang harus diperlukan.Karena proses pembelajaran dilakukan secara daring setiap hari.

Jadi,setiap anak wajib memiliki kuota internet untuk melakukan pembelajaran dari rumah.Akan tetapi,ada banyak kendala yang dialami dalam proses pembelajaran saat ini.Khususnya pada daerah desa terpencil serta bermata pencarian seperti petani.Kendala yang di alami adalah masih banyak anak diluaran sana yang tidak memiliki gadget sebagai media pembelajaran.

Sebab bagi masyarakat terpencil orang tuanya tidak mampu membelikan handphone untuk anaknya.Ia rela meminjam handphone kepada tetangganya agar bisa bersekolah.Kendala yang dialami tidak hanya itu,bagi murid atau mahasiswa yang rumahnya jauh dari perkotaan merasa memiliki kendala susah sinyal.Karena jika mereka melakukan tatap online melalui aplikasi tertentu,itu membutuhkan sinyal yang kuat.Mereka rela untuk berpindah-pindah tempat untuk mencari sinyal yang bagus agar bisa mengikuti pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN