Anak-anak memiliki metode belajar yang berbeda dan tidak sama dengan orang dewasa, sehingga strategi belajar terbaik untuk mendukung pembelajaran mereka berbeda.
Kriteria pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Strategi pembelajaran merupakan pola umum perilaku guru dan siswa dalam mencapai kegiatan melalui pendidikan dan pembelajaran.Â
Ada beberapa kriteria dalam memilih strategi pembelajaran, seperti efisiensi, efektivitas, dan keterlibatan siswa. Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan, guru terlebih dahulu perlu mengetahui karakteristik cara belajar anaknya agar strategi yang  digunakan sesuai dengan perkembangannya.
strategi pembelajaran tersebut dapat diintegrasikan ke dalam keseluruhan proses pembelajaran atau digabungkan untuk menciptakan variasi kegiatan pembelajaran yang lebih luas. Untuk strategi pembelajaran  guru yang menggunakan metode pembelajaran ganda, jenis-jenis metode pembelajarannya adalah:
1. Induksi
 Berikut ini dimaksudkan untuk mempelajari nilai anak.
- Kegiatan harus tumbuh dengan minat dan keinginan anak-anak mereka
- Anak-anak memilih bahan dan kami membuat permainan yang ingin mereka lakukan
- Â Secara aktif mengekspresikan komponen seluruh anak
- Anak-anak mengganti bahan dan menggabungkan Â
- Anak menggunakan total otot
- Anak berbicara tentang pengalamannya
2. Bermain
Kegiatan bermain ini pada hakikatnya dapat memotivasi dan berdampak positif bagi anak dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Fungsi permainan bagi anak adalah meniru apa yang dilakukan  orang dewasa dan berperan dalam kehidupan nyata.Dan dengan bermain anak menjadi lebih mudah mengenal dan bereksplorasi.
3.Bercerita
Ini adalah metode yang banyak digunakan di taman kanak-kanak. Berbicara kepada anak secara verbal merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak.Kegiatan ini dapat melatih kemampuan berbahasa anak.
4. Bernyanyi
Dengan bernyanyi dapat membantu anak-anak mengembangkan pemikiran seperti anak kecil dan keterampilan bahasa mereka secara lebih menyeluruh.
Berdasarkan penjelasan di atas, pembelajaran yang berpusat pada anak merupakan strategi pembelajaran yang tepat bagi anak prasekolah karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk merencanakan kegiatannya.Â
Anak Anda memiliki hak untuk memilih apa yang telah dia pelajari. Anak-anak juga dapat bereksplorasi dengan lingkungannya.Â
Selain itu, metode ini  cocok untuk  karakteristik belajar anak. Misalnya, anak-anak belajar melalui bermain, dan anak-anak membangun pengetahuan mereka sambil menjelajahi bidang pilihan mereka.
Strategi yang baik untuk keluarga berencana adalah bermain dan bernyanyi. Metode bermain mempromosikan semua aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan kognitif, fisik, motorik, sosial dan emosional.Â
Dalam bernyanyi, fokusnya lebih  pada perkembangan bahasa anak. Untuk anak dengan TPA, strategi yang tepat adalah cara bermain yang menyenangkan bagi anak untuk  bermain secara bebas dan sukarela, pencarian yang menyenangkan untuk tahap pengenalan lingkungan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI