Mohon tunggu...
yunas dewanta mutik
yunas dewanta mutik Mohon Tunggu... profil menulis artikel

Tulisan dapat merubah dunia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Doa Persalinan Sesuai Tuntunan

6 Mei 2021   15:31 Diperbarui: 26 Mei 2021   16:51 128 1 0 Mohon Tunggu...

Persalinan bayi menjadi momen yang ditunggu sekaligus menegangkan. Ada doa sebelum persalinan dan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk calon ayah dan bunda.

Sebagaimana bunyi surat Al-A'raf ayat 54:

Artinya: "Sungguh, Tuhanmu adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutup malam dengan siang yang mengiringinya dengan segera. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang yang tunduk di bawah perintah-Nya. Ingatlah, hanya milik Allah segala penciptaan dan segala urusan. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam." (QS Al-A'raf ayat 54).

Menerangkan doa persalinan. Ketika Fathimah RA menjelang persalinan, Rasulullah SAW mengabarkan kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk menemani putrinya itu. Nabi Muhammad SAW meminta keduanya untuk membaca ayat Kursi (Al-Baqarah: 225), surat Al-A'raf ayat 54 dan Surat Al-Falaq serta An-Nas di dekat Sayidatina Fathimah RA.

Doa tersebut dapat menguatkan mental serta menenangkan hati seorang bunda sebelum melahirkan. Selepas membaca doa agar dilancarkan dalam melahirkan, ada beberapa amalan-amalan yang perlu dikerjakan ayah dan ibu (terutama ibu) yaitu ialah memperbanyak istighfar, membaca Al-Qur'an, dzikir, tahlil, tahmid dan wirid agar membantu proses persalinan berjalan lancar.

Semoga bermanfaat saudaraku sekalian tentunya kita tidaklah boleh bosan berdoa karena pada esensinya kita selalu butuh untuk berdo'a.

VIDEO PILIHAN